✔ Diagnosis Mesin Diesel Susah Di Start
![]() |
Gambar hanya pemanis |
Mesin diesel yaitu mesin yang sangat irit, besar lengan berkuasa menanjak, besar lengan berkuasa ngangkut barang dan daya tahan yang kokoh. Itu sebabnya mesin diesel terus menjadi pilihan terkenal di banyak truk ,pickup, dan perahu, kapal, bahkan samapai hari ini, dan mungkin puluhan tahun yang akan datang. Tapi mesin diesel juga dikenal lantaran suara berisik, asap hitam dan Susah hidup dicuaca yang dingin. Di Indonesia nyaris tidak ada cuaca dingin, ibarat di new zealand atau Jepang, tetap saja kami ulas segala aspek, termasuk dalam hal kekurangan mesin diesel di cuaca hirau taacuh (tidak ada dusta diantara kita).
Ketika suhu turun parah, beberapa hal terjadi yang sanggup menciptakan diesel sulit untuk di start. Pertama, solar dalam kolam mesin mengental. Pada ketika yang sama, output baterai turun, mengurangi jumlah ampere yang tersedia untuk menghidupkan mesin. Pemilihan oli yang kurang tepat, atau pemilihan oli dengan tujuan tertentu(lebih peduli ketika mesin dieselnya hidup, namun tidak memikirkan bagaimana mesin itu sanggup dihidupkan), sanggup menambah sulit mesin diesel untuk dihidupkan. Beban yang diciptakan oleh oli hirau taacuh tadi sanggup mengurangi kecepatan cranking ke titik di mana mesin mungkin tidak menghasilkan kompresi cranking yang cukup dan / atau tekanan materi bakar untuk menyalakan api.
Baca Juga
Salah satu hal pertama yang harus anda periksa ketika mendiagnosis tanda-tanda "sulit untuk di start", yaitu dipstick. Jika oli tebal dan menggumpal, itu mungkin bukan viskositas yang sempurna untuk berkendara animo dingin. Oli jenis apa yang ada di mesin? Kapan terakhir kali diganti? Beralih ke oli yang lebih encer ibarat 10W-30 (ini sudah encer banget bray!) Mungkin hanya itu yang dibutuhkan untuk meningkatkan daya engkol di animo dingin. Untuk cuaca yang benar-benar dingin, Anda sanggup beralih ke oli motor sintetis berperingkat CG-4.
Hal berikutnya yang perlu diperiksa yaitu kecepatan cranking minimum. Rpm yang dibutuhkan untuk menyalakan api akan bervariasi sesuai dengan aplikasi, tetapi General Motors menyampaikan mesin diesel 6.2L dan 6.5L dengan pompa injeksi rotari Stanadyne membutuhkan setidaknya 100 rpm ketika dingin, dan 180 rpm ketika panas.
Jika mesin tidak melaksanakan cranking dengan cukup cepat, periksa pengisian dan kondisi baterai, serta koneksi kabel dan besar amper starter. Masalah di area mana pun sanggup menciptakan mesin sulit dijalankan. Jika baterai lemah, isi ulang dan periksa output dari sistem pengisian juga. Ya pada dasarnya kelistrikan harus sehat lah.
Glow Plugs (busi pijar)
Tidak semua mesin diesel mempunyai glow plug, namun kalau "slow cranking" bukan masalahnya, mungkin ada yang salah dengan sistem glow plug. Sebagian besar kendaraan beroda empat penumpang dan truk ringan mempunyai busi pijar untuk membantu start dingin. Colokan cahaya ditenagai oleh relay dan timer yang mengarahkan tegangan ke colokan selama jumlah detik yang ditentukan. Saat penghitung waktu habis, relai seharusnya mematikan tegangan. Tetapi relay adakala melekat dan terus memberi tegangan ke colokan cahaya yang menyebabkannya terbakar. Satu atau dua sumbat pijar jelek pada mesin V8 mungkin tidak menjadikan persoalan awal yang positif selama cuaca hangat, tetapi sanggup ketika suhu turun. Makara busi pijar ini bukan ibarat busi pada mesin bensin ya, cara kerjanya hanyalah membantu, bukan utama ibarat busi bensin. Glow plugs sanggup diperiksa dengan mengukur ketahanan atau kontinuitasnya. Resistensi berlebihan atau kurangnya kontinuitas merupakan membuktikan kalau stekernya buruk.
Jika satu atau lebih busi pijar terbakar, dilapisi dengan banyak jelaga atau tidak mendapatkan besar tegangan start-up ibarat biasa, mesin akan menjadi semakin sulit untuk dinyalakan lantaran suhu turun, dan akan menganggur secara garang dan menghasilkan asap putih di buang selama beberapa menit sesudah hasilnya menyala. Jika semua busi pijar menyala di ujungnya, Anda sebaiknya mengusut waktu injeksi lantaran mungkin sudah terlalu tinggi.
Untuk melihat apakah modul busi pijar menyediakan daya ke busi pijar, gunakan voltmeter untuk mengusut setiap steker untuk voltase yang ditentukan ketika kunci kontak dihidupkan. Tidak ada tegangan? Periksa koneksi modul kontrol steker cahaya, ground dan harness kabel. Glow plugs sendiri sanggup diperiksa dengan mengukur resistansi mereka. Ganti semua colokan yang tidak sesuai spesifikasi.
Hard starting adakala sanggup disebabkan oleh modul glow plug yang gagal menyalakan glow plugs atau tidak menjaga colokan cukup lama ketika cuaca dingin. Pada mesin diesel GM 6.2 / 6.5L, ada laporan panas dari mesin yang masih hangat yang menjadikan sakelar penghambat 125 derajat di dalam controller mati sehingga menciptakan mesin sulit untuk dinyalakan kembali. Obatnya di sini yaitu memindahkan modul kontrol dari mesin. Pada mesin diesel Ford 7.3L, modul kontrol sanggup terputus lebih awal kalau ada dua atau lebih busi pijar yang buruk. Kami juga telah mendengar ihwal modul kontrol yang tidak menjaga busi cahaya cukup lama untuk memulai cuaca hirau taacuh dengan mudah. Tepat waktu cukup untuk cuaca hangat, tetapi tidak untuk cuaca dingin.
Masalah Bahan Bakar
Tidak ibarat bensin, minyak diesel sangat dipengaruhi oleh suhu dingin. Diesel terbuat dari hidrokarbon yang lebih berat yang berkembang menjadi lilin ketika suhu turun. "Titik awan" atau titik di mana lilin mulai terbentuk untuk materi bakar diesel kelas 2 animo panas biasa sanggup berkisar dari 10 hingga 40 derajat. Jika tangki materi bakar mengandung materi bakar kelas animo panas dan suhu turun, kristal lilin sanggup terbentuk di separator air / materi bakar, menjadikan penyumbatan.
untuk mengatasinya di sini yaitu menarik kendaraan ke garasi yang hangat sehingga sanggup mencair, mengganti pemisah air / materi bakar sesuai kebutuhan, kemudian menambahkan aditif "bahan bakar kondisioner" yang disetujui ke tangki (beberapa produsen tidak menyetujui aditif atau melarang gunakan bahan-bahan khusus ibarat alkohol yang ditemukan dalam beberapa aditif), atau tiriskan tangki dan isi ulang dengan materi bakar diesel No. 1. Untuk mencegah hal yang sama terjadi lagi, Anda mungkin memasang pemanas materi bakar aftermarket.
Air dalam materi bakar yaitu persoalan lain yang sanggup menjadikan persoalan awal dan kinerja. Kondensasi yang terbentuk selama cuaca hirau taacuh yaitu sumber utama kontaminasi. Air yang masuk ke tangki materi bakar biasanya mengendap ke dasar lantaran air dan minyak tidak bercampur. Air tersedot ke susukan materi bakar dan pergi ke filter atau pemisah air / materi bakar (jika kendaraan memilikinya). Di sini sanggup membeku, menjadikan penyumbatan yang menghentikan pedoman materi bakar ke mesin. Jadi, kalau filter atau pemisah sudah membeku, tangki materi bakar perlu dikeringkan untuk menghilangkan air.
Kontaminasi Bahan Bakar
Perbedaan lain dengan materi bakar diesel yaitu rasanya lezat untuk mikroba tertentu, terutama kalau ada air di dalam tangki. Bakteri tertentu benar-benar sanggup berkembang di dalam tangki materi bakar diesel, membentuk lendir, asam dan hal-hal angker lainnya yang sanggup menyumbat susukan materi bakar, filter, pompa injeksi dan injektor. Bahan bakar yang terinfeksi sering mempunyai wangi "telur busuk", dan meninggalkan lapisan hitam atau hijau di pecahan dalam komponen sistem materi bakar. Tingkat pertumbuhan sebagian besar organisme meningkat dengan suhu yang lebih hangat, tetapi beberapa sanggup berkembang hingga suhu beku.
Untuk menghilangkan kutu, tangki materi bakar harus dikeringkan dan dibersihkan. Biocide yang disetujui untuk jenis penggunaan ini juga harus dipakai untuk membunuh organisme dan mencegah kemunculannya kembali. Proses pencucian harus diikuti oleh tangki materi bakar segar yang diperlakukan dengan takaran pencegahan biosida. Jika susukan materi bakar dan pompa injeksi juga telah terkontaminasi, mereka juga harus dibersihkan.
Masalah Pengiriman Bahan Bakar
Untuk memulai dan menjalankannya dengan benar, timing injektor harus akurat. Inspeksi visual yang cepat akan memberi tahu Anda kalau tanda waktu berbaris. Lihat mekanisme pengaturan waktu pabrikan kendaraan kalau Anda menduga pengaturan waktu mati atau pompa gres saja diganti. Pada mesin diesel yang lebih gres dengan pompa injeksi elektronik atau injeksi langsung, Anda akan memerlukan alat pindai untuk melaksanakan perubahan.
Udara dalam materi bakar juga sanggup menjadi penyebab start yang sulit atau kondisi tidak start. Udara sanggup menciptakan mesin mati sesudah dinyalakan, dan menyulitkan memulai kembali. Udara sanggup memasuki sistem melalui kerusakan pada susukan materi bakar atau melalui kondisi bleedback.
Untuk memilih apakah ada persoalan udara, pasang selang balik bening di sisi belakang pompa injeksi. Putar mesin dan amati garisnya. Gelembung udara dalam materi bakar akan memberi tahu Anda bahwa udara memasuki sisi susukan masuk pompa. Pompa injeksi itu sendiri biasanya bukan sumber kebocoran udara, jadi periksalah jalur materi bakar dan pompa.
Pompa yang aus atau tersumbat juga sanggup menciptakan mesin sulit untuk dihidupkan. Jika kondisinya semakin memburuk dengan hilangnya daya, dan mesin mempunyai banyak jarak tempuh (lebih dari 75.000), penyebab utamanya mungkin yaitu pompa yang perlu diganti.
Namun, sebelum mengecam pompa, periksa filter materi bakar. Filter yang tersumbat sanggup menjadikan pembatasan materi bakar yang mencegah pompa melaksanakan tugasnya dengan baik. Filter pemisah air / materi bakar primer biasanya perlu diganti setiap 30.000 hingga 40.000 mil, dan filter sekunder sekitar setiap 20.000 hingga 30.000 mil. Sistem materi bakar yang lebih gres dengan filter tunggal biasanya membutuhkan layanan sekitar setahun sekali. Jika filter diabaikan, kemungkinan filter dibatasi atau dicolokkan.
Tidak akan hidup/menyala
Mesin diesel yang engkol secara normal tetapi tidak akan mulai terlepas dari suhu luar baik mempunyai kompresi rendah atau persoalan pengiriman materi bakar. Jika kompresi baik-baik saja, periksa pengukur materi bakar (kehabisan materi bakar?). Kemudian periksa filter dan susukan materi bakar untuk penghalang.
Jika pompa injeksi tidak mendorong materi bakar melalui susukan ke injector, itu mungkin mempunyai solenoid yang salah. Dengarkan "klik" di dalam pompa ketika sakelar pengapian dihidupkan. Tanpa klik berarti solenoid dan / atau pompa perlu diganti. Jika berbunyi klik tetapi tidak ada materi bakar yang masuk melalui jalur injektor (dan filter serta susukan tidak terhalang), pompa mungkin jelek dan perlu diganti.
Masalah Injektor
Injektor diesel sanggup menderita jenis penyakit yang sama ibarat injektor bensin, termasuk endapan pernis, penyumbatan, keausandan kebocoran. Bahan bakar diesel belerang rendah ketika ini lebih cenderung meninggalkan pernis dan simpanan gusi pada injektor, dan juga menyediakan lebih sedikit pelumasan sehingga Anda sanggup mencoba zat tambahan untuk menjaga hal-hal mengalir lancar.
Injektor diesel beroperasi pada tekanan yang jauh lebih tinggi daripada injektor bensin. Seiring waktu, tekanan pembuka mereka sanggup turun. Hingga 300 psi dianggap sanggup diterima tetapi lebih dari 300 psi berarti injektor harus diganti atau direset kembali ke spesifikasi pengoperasian semula. Anda akan memerlukan beberapa jenis penguji pop untuk mengusut tekanan pembuka dari injektor kalau Anda meragukan persoalan ibarat ini. Injektor kotor akan mencondongkan adonan udara / materi bakar, menjadikan hilangnya daya, idle garang dan terkadang asap putih di knalpot. Injektor yang bocor akan memperkaya adonan udara / materi bakar dan menjadikan asap hitam.
Ada beberapa cara untuk menemukan injektor yang jelek pada mesin diesel. Salah satunya yaitu dengan memakai pirometer digital untuk mengusut suhu operasi setiap silinder. Pembacaan suhu yang lebih rendah dari yang lain akan menyampaikan silinder yang lemah. Jika kompresi baik-baik saja, masalahnya yaitu pengiriman materi bakar terbatas. Pemeriksaan cepat lainnya yaitu dengan memakai ohmmeter yang membaca sepersepuluh ohm untuk mengukur ketahanan busi pijar ketika mesin bekerja. Ketahanan colokan naik dengan suhu, jadi kalau satu atau dua silinder membaca rendah, Anda telah menemukan masalah. Sebagai contoh, kalau sebuah glow plug biasanya berbunyi 1,8 hingga 3,4 ohm pada mesin yang panas dan berjalan, pembacaan 1,2 hingga 1,3 ohm pada glow plug akan memberi tahu Anda bahwa silinder tidak menghasilkan panas.
Mengatasi Masalah Asap Hitam
Asap hitam biasanya merupakan sinyal bahwa ada terlalu banyak materi bakar, tidak cukup waktu udara atau pompa injektor mati. Salah satu penyebab paling umum dari kondisi ini yaitu pembatasan susukan masuk udara. Penyebabnya mungkin filter udara kotor, selang pemasukan yang runtuh, atau bahkan pembuangan gas buang. Diesel tidak dilacak sehingga tidak ada ruang vakum untuk mengukur.
Mengatasi Masalah Asap Putih
Asap putih biasanya terjadi ketika tidak ada cukup panas untuk aben materi bakar. Partikel materi bakar yang tidak terbakar keluar dari knalpot dan biasanya menghasilkan wangi materi bakar yang kaya. Sudah biasa melihat asap putih di knalpot selama cuaca hirau taacuh hingga mesin menghangat.
Seperti disebutkan sebelumnya, plug lampu jelek atau modul kontrol steker cahaya rusak sanggup menjadikan asap putih pada mesin dinyalakan. Kecepatan engkol engine yang rendah juga sanggup menghasilkan asap putih.
Jika asap putih masih terlihat sesudah mesin memanas, mesin mungkin mempunyai satu atau lebih injector buruk, timing injeksi ndeso atau pompa injeksi usang. Kompresi rendah juga sanggup menjadi sumber asap putih. Udara dalam sistem materi bakar juga sanggup menjadikan asap putih.
Mengulur Masalah
Jika diesel berhenti ketika melambat, ini mungkin mengindikasikan persoalan pelumasan di pompa injektor. Hal pertama yang harus diperiksa yaitu kecepatan idle. Jika rendah, ini sanggup mencegah pengatur pompa pulih cukup cepat selama perlambatan untuk mencegah mesin berhenti.
Air dalam materi bakar juga sanggup menjadikan kemacetan dengan menciptakan katup pengukur atau pendorong di dalam tongkat pompa. Penggunaan aditif pelumas sanggup membantu menyembuhkan kondisi ini. Jika aditif tidak membantu, pompa mungkin harus dibersihkan atau diganti.
Belum ada Komentar untuk "✔ Diagnosis Mesin Diesel Susah Di Start"
Posting Komentar