✔ Youtube Analitics - Tools Untuk Memaksimalkan Channel Youtube Anda

 Memahami YouTube Analytics sangat penting bila ingin memaksimalkan kanal YouTube kesaya ✔ Youtube Analitics - Tools Untuk Memaksimalkan Channel Youtube Anda


Memahami YouTube Analytics sangat penting bila ingin memaksimalkan kanal YouTube kesayangan kita. Dengan mengukur positif dan negatif video yang kita upload, maka kita sanggup memanfaatkan peluang untuk memperlihatkan sesuatu yang bernilai kepada subscriber kita dan menjalin relasi antara kita dan pemirsa kita.

Kita juga sanggup memakai Channel Youtube untuk mempromosikan produk atau bisnis kita.

Kali ini kita akan membahas:
  • Istilah metrik,  yang merujuk statistik fakta angka di video kita. Metrik manakah yang  harus kita prioritaskan dalam analisis kanal YouTube kita. 
  • Manakah data metrik yang cukup dibiarkan, dan data yang perlu ditindaklanjuti.
  • Pemahaman isu ihwal pertumbuhan channel YouTube. 
Untuk memulai eksklusif saja kita masuk ke YouTube Analytics:

Baca Juga

  1. Masuk ke akun YouTube anda.
  2. Klik ikon profil di kanan atas, kemudian Creator Studio , di sebelah ikon roda gigi.
  3. Ini akan membawa Anda ke dasbor Creator Studio — Anda akan melihat beberapa analisis dasar di tengah layar Anda (Waktu tontonan, Tampilan, Pelanggan, dan Perkiraan penghasilan).
  4. Di sebelah kiri panel ini, anda akan melihat menu. Klik Analytics untuk menavigasi ke dasbor utama YouTube Analytic.
Fitur umum dari panel YouTube Analytic:
Setiap header Ikhtisar halaman analitik menampilkan hidangan drop-down di sebelah kanan. Di sinilah kita sanggup mengatur rentang waktu dalam mengusut data.

Pengaturan default memperlihatkan 28 hari terakhir, tetapi anda sanggup mengubahnya ke apa pun yang sesuai dengan kebutuhan anda. Bergantung pada halaman analitik, kita juga sanggup memfilter berdasarkan benua atau negara untuk wawasan geografis tertentu.

Jika Anda ingin menciptakan angka sendiri, Anda sanggup mengekspor kumpulan data sebagai file teks Excel atau CSV memakai tombol Laporan ekspor di kanan atas.

Terakhir, bila kita pernah gundah ihwal apa arti opsi di YouTube, lihatlah ikon tanda tanya kecil berwarna abu-abu. Klik untuk membaca tip alat yang bermanfaat! Ini keuntungannya besar loh, siapa tau yang anda cari sebetulnya ada di ikon itu.

YouTube Analytics: Apa yang diukur untuk meningkatkan kinerja video? 
Analisis video YouTube menampilkan tiga bab utama: Laporan pendapatan , Laporan waktu tonton , dan Laporan interaksi.

Mari kita periksa laporan waktu Tonton pertama. Di sinilah Anda akan menemukan beberapa statistik yang paling sering dibahas, termasuk waktu menonton, tampilan, dan penyimpanan.

 Memahami YouTube Analytics sangat penting bila ingin memaksimalkan kanal YouTube kesaya ✔ Youtube Analitics - Tools Untuk Memaksimalkan Channel Youtube Anda

Laporan waktu Tonton mengumpulkan data dari kanal YouTube kita, masing-masing video, dan juga statistik dari aplikasi seluler YouTube.

Berikut ringkasan cepat dari analisis waktu tontonan paling penting di YouTube dan  FAQ:
  1. Waktu tonton : berapa usang orang menonton video saya? Berapa banyak view yang saya dapatkan?
  2. Konsistensi pemirsa: seberapa konsisten orang menonton video saya? Kapan orang berinteraksi dengan konten saya? Kapan mereka berhenti menonton?
  3. Demografi: siapa yang menonton video saya? Dari negara mana pandangan saya berasal?
  4. Lokasi pemutaran: di mana orang-orang sebetulnya memutar video saya?
  5. Sumber kemudian lintas: di mana orang menemukan video saya?
  6. Perangkat: berapa persen dari pandangan saya berasal dari desktop, seluler, atau di kawasan lain?

Waktu Tonton (Durasi) dan Views (Tampilan)

Meskipun tampilan dan waktu menonton berada di halaman yang sama, statistik ini saling tergantung. Video YouTube menghasilkan satu tampilan ketika ditonton selama 30 detik atau lebih, jadi 1 klik kemudian kabur tidak duhitung.

Views sering dianggap sebagai ukuran keberhasilan video. Tapi, dari sudut pandang pemasaran, mereka kebanyakan metrik yang sebetulnya diabaikan, 1000 views sanggup jadi jauh dari harapan.
Misalkan anda memaksa keluarga, teman, dan komunitas anda untuk mengeklik video anda, sanggup jadi itu tidak menolong.
Namun, bila Anda mempunyai jumlah penayangan organik yang tinggi, itu berarti video Anda dioptimalkan dengan baik dan peringkatnya menonjol di halaman pencarian YouTube! Lebih penting lagi, bila Anda membagi waktu Tontonan dengan Tampilan total, Anda mendapat statistik yang sangat berharga: durasi tampilan Rata - rata Anda. Kaprikornus Views yang berarti yaitu bila didapat dari orang-orang yang mencari di kolom search youtube, atau mesin pencari, spamming akan merugikan anda sendiri, apalagi memakai tools ilegal, percuma dan rugi, malah sanggup dibanned oleh YouTube. 

Durasi tonton / Views = durasi tampilan rata-rata
Durasi tampilan rata-rata yaitu statistik yang sangat penting. Karena itu diukur berdasarkan per-video, atau untuk mengukur jumlah rata-rata waktu yang dihabiskan orang menonton video di kanal Anda secara keseluruhan.

Jika video Anda mempunyai durasi penayangan rata-rata yang tinggi, algoritma YouTube akan melihat bahwa Anda tetap terpaku pada platform mereka. Ini akan meningkatkan video Anda di halaman pencarian dan meningkatkan kemungkinan konten Anda muncul di daftar video yang Disarankan(Suggested Videos). Semakin banyak video yang Anda miliki dengan tingkat retensi tinggi, semakin baik peringkat kanal Anda, Boom video-video anda akan viral.

Retensi pengunjung

Laporan retensi pemirsa melacak keterlibatan pemirsa dari waktu ke waktu. Kaprikornus yang dimaksud retensi yaitu seberapa betah pengunjung dengan video-video Anda. Di sini, Anda akan menemukan statistik durasi tampilan rata-rata, daftar video dengan kinerja terbaik, dan wawasan ihwal cara video Anda ditayangkan melawan video-video lain di YouTube.

Retensi dihitung berdasarkan persentase yang ditonton: bila video Anda berdurasi satu menit dan orang-orang menonton 30 detik, tingkat retensi yaitu 50 persen.

YouTube melacak dua jenis retensi audiensi: Retensi audiensi sewenang-wenang dan retensi audiensi relatif. Silahkan klik pada video dalam daftar di bawah grafik retensi pemirsa, kemudian gulir kembali ke grafik. Anda akan melihat filter di bawah statistik utama.

Retensi pemirsa absolut

Retensi pemirsa sewenang-wenang memperlihatkan momen mana dalam video Anda yang paling banyak ditonton, dan di mana orang-orang cenderung untuk menyerah/ kapok.

Jika Anda mempunyai video berkinerja tinggi, lihat grafik retensi pemirsa sewenang-wenang untuk memilih sorotan. Menentukan tren keterlibatan memberi Anda gagasan yang lebih baik ihwal apa yang ingin dilihat audiens Anda, memandu upaya pembuatan konten Anda.

Demikian pula, bila Anda mempunyai video yang berkinerja buruk, grafik retensi pemirsa Absolute akan memperlihatkan kepada Anda ketika orang-orang cenderung berhenti menonton, sehingga Anda tahu bagaimana menyesuaikannya.

YouTube merekomendasikan untuk memberi perhatian khusus pada 15 detik pertama video Anda — pengantar mempunyai tingkat drop-off terbesar. Jika Anda melihat kurangnya penarik awal, Anda dapat:

  • Ubah thumbnail video untuk mencerminkan konten Anda dengan lebih akurat (kadang youtubers pembangkang memperlihatkan thumbnail klikbait, tapi asal isi videonya menarik, biasanya viewers tidak mempermasalahkan.
  • Hapus atau persingkat intro yang kepanjangan, dapatkan perhatian dengan secepat mungkin menerangkan isi video anda dengan menarik, intro cinematik tapi cukup sebentar, kalo nggak orang pada kabur.
  • Retensi pemirsa relatif, di sinilah Anda membandingkan tingkat retensi video Anda dengan semua video YouTube lainnya dengan panjang yang sama.Karena perbandingan ini hanya didasarkan pada durasi dan bukan faktor dalam konten, ini yaitu statistik yang kurang mempunyai kegunaan daripada retensi pemirsa Absolute. Namun, itu memperlihatkan titik perbandingan umum antara konten Anda dan video lain di YouTube.

  • Demografi
Untuk mencari tahu ihwal orang-orang yang menonton video Anda  secara spesifik, usia, jenis kelamin, dan lokasi geografisnya, periksa demografi. Mengenal audiens Anda sanggup membantu Anda menciptakan keputusan pemasaran yang lebih sempurna dan terarah. Atau sanggup membantu Anda memasuki pasar yang belum Anda pertimbangkan sebelumnya.

Katakanlah Anda YouTuber yang berbasis di Indonesia yang menciptakan video ihwal menciptakan PC Gaming. Anda melihat analitik, berharap menemukan demografi inti laki-laki berusia 18 hingga 24 tahun, tetapi menemukan audiens Anda sebetulnya yaitu orang yang diidentifikasi perempuan di  Malaysia yang berusia 65 tahun ke atas. Berbekal data ini, Anda sanggup menyesuaikan Irama video Anda untuk meluruskan kembali demografi yang Anda harapkan, berporos ke audiens yang gres Anda temukan, atau mencari cara untuk menyenangkan semua orang, kayaknya ada yang salah dengan presentasi anda, anda mungkin terlalu serius untuk hal yang kurang serius atau sebaliknya.

Menarik bagi demografi penting untuk mendapat Subscribers. Mereka akan menonton konten video Anda dua kali lebih banyak daripada orang-orang yang hanya  numpang lewat.

Lokasi pemutaran (Video anda dilihat dari mana)

Lokasi pemutaran memperlihatkan kawasan konten Anda sedang ditonton dalam aplikasi YouTube, atau di mana pun secara online (misal dari web browser). Jika Anda ingin mengusut kemudian lintas dari luar halaman YouTube, gulir ke bawah ke daftar di bawah grafik dan klik Tertanam di situs web dan aplikasi eksternal . Ini akan memunculkan daftar semua kawasan video Anda telah ditonton dalam rentang tanggal yang dipilih. Mencari tahu di mana video Anda diputar memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan pengeluaran iklan Anda di lokasi-lokasi tersebut, memberi Anda jangkauan terbanyak untuk uang Anda. Anda juga mendapat wawasan ihwal kebiasaan browsing dan menonton audiens Anda, yang bahkan sanggup membuka pintu bagi kemitraan marketing yang baru.

Sumber Traffic

Di sinilah Anda akan mengetahui bagaimana orang menemukan video Anda. Setiap item dalam daftar di bawah grafik sanggup diklik untuk mengungkapkan isu spesifik dalam kategori itu.
Apakah seseorang menemukan Anda dengan memakai istilah pencarian tertentu? Apakah Anda mendapat peningkatan traffic sehabis tampil di playlist YouTuber? Ini yaitu pertanyaan yang metrik ini sanggup membantu Anda. Meneliti data sumber traffic memberi Anda data lebih rinci ihwal jangkauan kanal Anda, apakah Anda melihat statistik yang terkait dengan kemudian lintas berbayar (misalnya, iklan YouTube), atau kemudian lintas organik, (misalnya, fitur video yang disarankan YouTube).

Perangkat

Perangkat mengungkapkan berapa persen dari pengguna Anda menonton konten Anda di desktop, ponsel, tablet, smart TV, atau bahkan konsol game. Perangkat mensugesti jenis konten yang ditonton orang di YouTube, serta cara mereka berinteraksi online secara umum. Pengguna seluler cenderung menonton ketika bepergian, sehingga mereka cenderung ke arah video pendek. Pengguna desktop lebih cenderung membeli barang secara online . Jadi, bila konversi yaitu tujuan Anda, Anda mungkin ingin melayani pasar itu. Pada akhirnya, ada baiknya menemukan keseimbangan, alasannya yaitu orang-orang menonton YouTube di setiap perangkat. Pemirsa TV pintar, misalnya, yaitu pasar YouTube yang tumbuh paling cepat. Jumlah mereka berlipat ganda dari tahun ke tahun .

Laporan interaksi

Metrik Interaksi adalah  penting , suka dan tidak suka , Komentar , dan Berbagi, intinya semua cara yang sanggup dilihat oleh pemirsa secara eksklusif kepada Anda bagaimana perasaan mereka ihwal video Anda. Melihat data ini akan memperlihatkan kepada Anda peluang terbaik untuk menjangkau dan memupuk relasi dengan pelanggan Anda. Jangan lupa untuk mengusut kolom komentar anda, dan berinteraksilah dengan audiens anda

Subsribers

Halaman subsriber memperlihatkan tren umum di sekitar jumlah pemirsa Anda. Ada tiga set data utama:

Subsriber : berapa banyak pelanggan yang Anda peroleh dan simpan dalam periode waktu yang dipilih
Bertambahnya Subsriber : jumlah total orang yang berlangganan dalam periode waktu itu (bahkan bila mereka berhenti berlangganan tidak usang sehabis itu)
Kehilangan subsriber: total subsriber yang kabur,dalam  periode itu
Jika jumlah pelanggan Anda berubah secara nyata, periksa opsi Sumber di bawah grafik halaman. Ini akan menarik daftar video Anda, memberi peringkatnya berdasarkan seberapa besar mereka memengaruhi jumlah pelanggan Anda, baik secara positif maupun negatif. Anda juga sanggup mengatur data ini berdasarkan pelanggan yang didapat atau hilang.

Seperti views, jumlah subsriber sedikit sanggup dibaikan, tetapi semakin banyak subsriber yang Anda dapatkan, semakin sering kanal Anda akan muncul di YouTube — yang mengarah ke lebih banyak pelanggan , tampilan, dan durasi!

Catatan: Data pelanggan itu tidak ditampilkan secara real-time, jadi agak delay ya. YouTube secara ketat memonitor jumlah pelanggan untuk memastikan tidak ada yang mencoba berbuat curang. Ini berarti bahwa bila Anda memposting video yang memicu kontroversi yang tak terduga di kanal Anda, data Pelanggan mungkin tidak memperlihatkan imbas apa pun hingga 48 jam kemudian.

Suka dan tidak suka

Perhatikan suka, tidak suka, dan komentar Anda dengan cermat untuk memastikan Anda tidak kehilangan kontak dengan audiens Anda.

Suka dan tidak suka memungkinkan pemirsa mengekspresikan diri mereka dengan satu klik. Mirip dengan Views, Likes yaitu metrik yang sanggup diabaikan, tetapi semakin banyak yang Anda miliki, semakin baik peringkat SEO YouTube Anda. Kalau banyak dislike, maka auto kabur, kayak saya sendiri bila menonton youtube. Sering judulnya bahasa inggris, sehabis diklik dan memang banyak dislike, ternyata alasannya yaitu berbahasa india, malah saya tambahin dislikenya, alasannya yaitu menyesatkan.

Untuk mendapat motivasi yang paling terang kenapa orang berkunjung atau betah divideo/channel anda, maka anda harus menelusuri kolom komentar.

Komentar

Komentar melacak berapa banyak komentar yang Anda miliki di setiap video, tetapi tidak menampilkan komentar itu sendiri. Jika video mendapat banyak keterlibatan dalam bentuk suka dan tayangan, Anda sanggup membaca komentar untuk lebih memahami apa yang memotivasi interaksi ini. Anda harus terus memantau komentar di kanal Anda. Membalas komentar yang Anda anggap berharga — positif atau negatif — memperlihatkan kepada audiens bahwa Anda mendengarkan. Ini yaitu cara yang baik untuk mendorong keterlibatan lebih lanjut dan menumbuhkan komunitas Anda.
Sayangnya, bab komentar juga sanggup beracun, terutama bila tidak dimoderasi dengan baik. Ingatlah untuk menandai pola penyalahgunaan atau spam ke YouTube biar kanal Anda tetap kondusif bagi pelanggan. Juga bila ada yang berlaku bernafsu terhadap anda atau komentator lainnya, maka perlu ditangani.

Berbagi / Share

Berbagi yaitu metrik utama terakhir dari keterlibatan pengguna. Berbagi niscaya lebih penting daripada suka, alasannya yaitu mereka memperlihatkan seseorang cukup peduli dengan video Anda untuk mendorong orang lain menontonnya. Klik filter layanan Berbagi untuk melihat data di mana video Anda dibagikan. Anda juga sanggup memfilter berdasarkan lokasi geografis, perangkat, atau tanggal.

Laporan pendapatan

Pada Januari 2018, YouTube memperketat hukum seputar monetisasi saluran: biar memenuhi syarat untuk iklan, kanal YouTube harus mempunyai 4.000 jam waktu tontonan dan mempunyai setidaknya 1.000 pelanggan, selain mematuhi hukum dan peraturan platform.

Fitur Laporan pendapatan memperlihatkan berapa banyak uang yang Anda hasilkan di YouTube dalam periode waktu tertentu, dan dari mana asal anutan pendapatan Anda, termasuk:
  • Iklan perusahaan lain membayar untuk ditampilkan di video Anda
  • Iklan berbayar Anda sendiri di YouTube
  • Penghasilan mengalir dari kawasan lain di platform (seperti Super chat YouTube)

Pendapatan

Dua statistik utama untuk dilacak di bawah Penghasilan adalah:

Perkiraan pendapatan: total pendapatan yang diproyeksikan dari semua iklan yang dijual Google
Taksiran penghasilan iklan: penghasilan yang diproyeksikan dari iklan AdSense dan DoubleClick saja
Seperti analitik video YouTube lainnya, Anda sanggup memfilter ini berdasarkan tanggal dan lokasi geografis.

Menggulir di bawah grafik pendapatan akan membawa Anda ke daftar video yang menghasilkan pendapatan. Secara default, Anda akan mulai dengan video paling menguntungkan dalam periode waktu tersebut.

Gunakan fitur Laporan pendapatan untuk mengidentifikasi pola penghasilan. Jika Anda menghasilkan lebih banyak uang pada hari-hari tertentu dalam seminggu, pertimbangkan untuk mengubah kegiatan rilis konten Anda untuk memanfaatkan tren ini.

Ini juga baik untuk memperkecil dan melihat apakah ada pola yang lebih luas berdasarkan waktu dalam setahun.

Katakanlah suatu perusahaan menjual payung dan jas hujan, dan beriklan di YouTube. Anda mungkin mengidentifikasi lonjakan gres dalam pendapatan segera sehabis demam isu hujan.

Untuk mendapat pandangan sekilas ihwal seluruh riwayat pendapatan Anda dan mulai mengambil laba dari tren jangka panjang, pilih "lifetime" di hidangan tarik-turun di kanan atas grafik.

Memanfaatkan takeaways Anda dari analytics YouTube yaitu cara yang dijamin untuk meningkatkan SEO YouTube Anda. Seperti halnya segala jenis SEO , praktik terbaik tunggal yaitu menghasilkan konten berkualitas tinggi dan berharga yang dipakai orang dan membuatkan dengan teman-teman mereka.

Berikut yaitu beberapa kiat terakhir untuk meningkatkan SEO kanal Anda sehingga video Anda mendapat peringkat tinggi di laman YouTube Search dan Video yang Disarankan.

  1. Sertakan kata kunci dalam deskripsi video Anda! Temukan kata kunci yang relevan memakai Perencana Kata Kunci Google dan jangan lupa untuk melaksanakan analisis kompetitif juga. Cakupan apa yang termasuk YouTuber lain di niche Anda termasuk dalam deskripsi video mereka, dan termasuk apa yang masuk akal, yang biasa SEO web/ blog mungkin sudah terbiasa dengan hal-hal ibarat ini.
  2. YouTube juga menampilkan "tag", potongan metadata yang membantu Anda mengarahkan bagaimana video Anda muncul dalam pencarian organik. Anda diizinkan memasukkan tag maksimal 500 kata, yang harus sesuai dengan topik video Anda, kalau tidak relevan dianggap spam, dan menurunkan kinerja video anda.
  3. Ikuti aturan! Menyambung pada poin sebelumnya, ketika Anda menulis deskripsi video Anda, pastikan mereka mematuhi pedoman YouTube ihwal metadata. YouTube juga mempunyai serangkaian kebijakan lain ihwal konten yang diizinkan untuk Anda sertakan dalam video Anda. Ini sebagian besar hukum yang masuk akal, dan dihentikan terlalu sulit untuk diikuti.
  4. Unggah video secara teratur! Sekarang YouTube menjadi lebih terkenal daripada TV biasa , terutama di kalangan orang muda, tetapi keinginan untuk konten dengan kegiatan yang teratur tidak  berubah. Jika Anda sanggup mengumpulkan audiens yang menghitung menit hingga rilis berikutnya, itu yaitu membuktikan niscaya bahwa Anda sudah ngetop.
Ok sekian dulu untuk kali ini, semoga sukses channel YouTube-nya ya...

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "✔ Youtube Analitics - Tools Untuk Memaksimalkan Channel Youtube Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel