✔ Perbandingan Sistem Materi Bakar Injeksi Bensin Dengan Karburator

Motor/ mesin  dengan teknologi injeksi memang lebih hemat materi bakar dan ramah lingkungan. Penyebabnya, sistem injeksi lebih presisi mengatur bensin dibandingkan dengan karburator. Dengan demikian, lebih baik untuk efisiensi materi bakar, dan menekan polusi gas buang kendaraan bermotor

Efisiensi isi silinder


     dengan teknologi injeksi memang lebih hemat materi bakar dan ramah lingkungan ✔ Perbandingan Sistem Bahan Bakar Injeksi Bensin dengan Karburator
    Motor dengan sistem injeksi menggunakan banyak injektor akan memungkinkan
    pembuatan terusan masuk dengan diameter lebih besar dan panjang serta sama setiap silindernya.
    Hal ini menguntungkan, lantaran udara yang dihisap untuk semua silinder lebih baik dan merata.

     dengan teknologi injeksi memang lebih hemat materi bakar dan ramah lingkungan ✔ Perbandingan Sistem Bahan Bakar Injeksi Bensin dengan Karburator

    Gambar A memperlihatkan motor 4 silinder 1 karburator, panjang terusan masuk tidak sama,

    akibatnya pengisian tiap silinder agak kurang merata.


     dengan teknologi injeksi memang lebih hemat materi bakar dan ramah lingkungan ✔ Perbandingan Sistem Bahan Bakar Injeksi Bensin dengan Karburator







    Perbaikan sanggup dilakukan menyerupai gambar B. Motor, 6 silinder model V dengan 3 karburator Ganda
    (Dobel), menghasilkan diameter dan panjang terusan masuk menjadi sama.
    Tapi penyetelan putaran idel pada masing – masing karburator,
    dan prosedur pengerak katub gas lebih rumit.
    • Daya Maksimum & Momen Putar
     dengan teknologi injeksi memang lebih hemat materi bakar dan ramah lingkungan ✔ Perbandingan Sistem Bahan Bakar Injeksi Bensin dengan Karburator

    Daya maksimum sistem injeksi bensin sedikit lebih besar, ini disebabkan lantaran konstruksi terusan masuk, terusan gas buang, tekanan kompresi dan lain – lain, dibentuk berbeda dengan motor karburator.
    Itu juga berarti pada sistem injeksi bensin momen putar sanggup sedikit diperbesar. Karena adonan bensin / udara lebih baik pada putaran rendah materi bakar lebih hemat.
    Bila konstruksi – konstruksi di atas pada motor karburator juga diperbaiki maka daya maksimum dan momen putar yang dihasilkan sama dengan motor injeksi bensin.

    Pertanyaan : apa kelemahan utama sistem injeksi ?
    • Harga lebih mahal/ relatif.
    • Perbaikan lebih sulit  
    • Sistem injeksi yang menggunakan unit kontrol elektronika, kerusakan kecil pada kelistrikan sanggup mengakibatkan motor mati.
    • Alternator lebih besar ( 20 A ).
    • Sensitif terhadap kotoran dan air dalam sistem.

    Kelemahan sistem injeksi, sudah dibilang hampir tidak ada lagi, pabrikan motor sudah tidak ada lagi yang mengeluarkan karburator. Seperti sistem kontak platina yang digantikan oleh CDI, kita sudah memasuki kala EFI dan meninggalkan karburator menjadi barang antik. Malah saya ada rencana memodifikasi semua motor klasik yang saya miliki dengan injeksi, semoga topcer dan beda dengan yang lain.

    Di dunia balap juga sudah mengandalkan sistem injeksi, lantaran lebih fleksibel untuk dioprek, dan tenaganya lebih besar. Jika overbore, overstroke atau keduanya maka injeksi sanggup dengan gampang melayani debit bbm yang naik. Tidak ada alasan lagi mekanik tidak mengerti sistem injeksi, bahkan masyarakat umum sekalipun. Jika memang masih kurang memahami sistem injeksi, kami sarankan anda berinvestasi mempelajari sistem injeksi.

    Kesimpulan : Pada akhirnya semua akan menggunakan sistem injeksi baik untuk kendaraan beroda empat maupun sepeda motor. Sistem injeksi modern sudah sangat efisien dan gampang dirawat.

    Belum ada Komentar untuk "✔ Perbandingan Sistem Materi Bakar Injeksi Bensin Dengan Karburator"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel