✔ Prinsip Kerja Dan Desain Mesin Diesel

 Mesin bensin sesungguhnya sangat tidak efisien dan hanya bisa mengubah sekitar  ✔ Prinsip Kerja dan Desain Mesin Diesel

Mesin bensin sesungguhnya sangat tidak efisien dan hanya bisa mengubah sekitar 20-30% energi materi bakar menjadi pekerjaan mekanik yang bermanfaat. Mesin diesel standar biasanya mempunyai efisiensi 30-40%, dan dengan turbocharging dan intercooler lebih dari 50%, jikalau anda kuliah jurusan  teknik mesin, saya yakin anda pernha melihat diagramnya. Karena penggunaan injeksi bertekanan tinggi, mesin diesel tidak memaksakan persyaratan pada volatilitas materi bakar, yang memungkinkan untuk menggunakan minyak berat tingkat rendah di dalamnya (bahkan dengan minyak bunga matahari, mesin diesel sanggup beroperasi hampir tanpa kehilangan daya), di Indonesia materi bakarnya menggunakan minyak tanah/ kerosine yang sesungguhnya bagus, tetapi dicampur oli bekas, dan settinggan juga salah, meskipun begitu juga masih hidup (itu dulu).

 Mesin diesel tidak begitu cocok untuk putaran tinggi - campuran  materi bakar tidak mempunyai waktu yang cukup cepat untuk terbakar di dalam silinder, yang mengarah pada penurunan daya spesifik mesin sebesar 1 liter volume, dan oleh sebab itu untuk penurunan daya spesifik sebesar 1 kg massa mesin. Pada daya operasi maksimum, adonan dalam mesin diesel tidak terbakar, mengarah pada emisi gas buang berwarna hitam ibarat cumi-cumi lagi marah. Mesin diesel tidak mempunyai throttle, kontrol daya dilakukan dengan menyesuaikan jumlah materi bakar yang disuntikkan. Hal ini menjadikan kurangnya pengurangan tekanan pada silinder pada kecepatan rendah. Oleh sebab itu, mesin diesel menghasilkan torsi tinggi pada putaran rendah, yang menciptakan kendaraan beroda empat dengan mesin diesel lebih "responsif" bergerak daripada kendaraan beroda empat yang sama dengan mesin bensin. Karena alasan ini, sebagian besar truk ketika ini dilengkapi dengan mesin diesel, mungkin semuanya, kecuali Toyota Hilux dan kendaraan beroda empat sejenis yang masih menggunakan bensin. Ini juga merupakan laba dalam mesin maritim, sebab torsi tinggi pada putaran rendah membuatnya lebih gampang untuk menggunakan tenaga mesin secara efisien

Baca Juga

Bagaimana cara kerja mesin diesel, ibarat apa desainnya, prinsip kerja, kerugian dan keuntungannya? Masa-masa ketika sebuah kendaraan beroda empat dengan mesin diesel dikaitkan dengan  kendaraan beroda empat yang lemot, asap hitam, berisik, dan bergetar kuat, itu semua sudah tidak berlaku lagi. Mesin diesel modern  konsumsi materi bakar  hemat hingga sedang, torsi sudah ibarat mesin bensin, dan performa kecepatan juga mirip, bahkan lebih dari mesin bensin. Tetapi pada ketika yang sama, mereka menuntut kualitas materi bakar diesel, dan perbaikan komponen sistem materi bakar bisa sangat mahal, belum lagi pajaknya.

 Mesin bensin sesungguhnya sangat tidak efisien dan hanya bisa mengubah sekitar  ✔ Prinsip Kerja dan Desain Mesin Diesel



Fitur desain
Mesin diesel, tentu saja, tidak mempunyai perbedaan besar ibarat mesin piston putar Wankel, perangkat yang sama sekali tidak ibarat "anatomi" dari Internal Combution Engine tradisional, tetapi mempunyai sejumlah bentuk dan fungsi yang ibarat mesin bensin. Mesin diesel juga mempunyai prosedur engkol, tetapi rasio kompresinya jauh lebih tinggi . Perbedaan fundamental antara mesin diesel dan mesin bensin ialah bagaimana adonan materi bakar-udara terbentuk, penginjeksian dan pembakaran.

Mesin diesel tidak mempunyai busi dan, karenanya, pengapian adonan materi bakar-udara terjadi dari kompresi. Pada ketika yang sama, udara dan materi bakar diesel dipasok secara terpisah. Perlu juga dicatat bahwa hampir tidak ada mesin diesel modern yang tanpa sistem pendongkrak, yang dipakai untuk meningkatkan kinerja unit. Untuk mengoptimalkan dorongan dalam rentang kecepatan seluas mungkin, turbocharger geometri variabel digunakan. Unit diesel mempunyai efisiensi yang lebih tinggi, tetapi lebih berat dan memperlihatkan lebih banyak torsi pada kecepatan rendah daripada ICE bensin.


Prinsip kerja mesin diesel
Bagaimana cara kerja mesin diesel dan bagaimana materi bakar menyala di ruang bakar padahal mesin diesel tidak mempunyai busi? Pertama, udara memasuki silinder, kemudian pada simpulan langkah kompresi, ketika piston hampir mencapai sentra mati atas, suhu udara di ruang bakar mencapai nilai tinggi; sekitar 700-800 derajat dan kemudian materi bakar diesel diinjeksikan ke dalam silinder, yang menyala sendiri, tanpa percikan api. Bahan bakar solar dan bensin berbeda cara terbakarnya, solar terbakar sebab hawa panas bertekanan tinggi, bensin sebab percikan bunga api Meskipun demikian, masih ada sisa "lilin" di diesel. Di beberapa mesin diesel ada busi pijar, bukan busi, yang memanaskan ruang bakar untuk memudahkan menghidupkan mesin dalam cuaca dingin.

Pengoperasian glow plug di mesin diesel

Glow plug berisi spiral (logam dan keramik), sanggup dipasang di ruang pusaran atau di prechamber (jika kita berbicara perihal unit dengan ruang pembakaran yang terpisah) atau eksklusif di ruang bakar (jika tidak sanggup dipisahkan). Ketika Anda menghidupkan kunci kontak, busi pijar hampir seketika, dalam hitungan detik, mereka memanas hingga mencapai suhu di wilayah seribu derajat dan memanaskan udara di ruang bakar, memfasilitasi proses penyalaan sendiri adonan materi bakar-udara.

Jenis Mesin Diesel

Mesin indirect injection - materi bakar disuntikkan ke ruang khusus di kepala blok di atas silinder dan dihubungkan ke sana melalui saluran, dan proses pembakaran tidak terjadi ibarat halnya ICE bensin. Di ruang pusaran ini, fatwa udara berputar lebih intensif, dan berkontribusi pada pembentukan adonan yang lebih efisien dan penyalaan sendiri, yang berlanjut di ruang pembakaran utama. Omong-omong, mesin diesel dengan ruang bakar terpisah kurang berisik sebab fakta bahwa penggunaan ruang pusaran mengurangi tingkat kenaikan tekanan selama penyalaan sendiri.

Pada mesin diesel direct injection proses penyalaan sendiri terjadi eksklusif di ruang piston di atas. Unit jenis ini agak ribut, Seperti panther, mungkin beberapa orang menyukai bunyi dari mesin panther ini.

Apa itu Common Rail?

Common Rail ialah sistem injeksi materi bakar modern yang dikembangkan oleh Bosch dan menggunakan prinsip memasok materi bakar diesel ke injector dari fuel rail, yang merupakan akumulator tekanan tinggi. Common Rail memungkinkan Anda menciptakan unit lebih tenang, sementara lebih hemat dan ramah lingkungan. Keuntungan lain menggunakan rel materi bakar umum ialah kemungkinan luas untuk menyesuaikan tekanan materi bakar dan ketika injeksi, sebab proses ini dipisahkan.

Sistem ini meliputi pompa materi bakar tekanan tinggi (pompa materi bakar tekanan tinggi), nozel piezoelektrik, rel materi bakar, regulator tekanan materi bakar, dan katup meteran materi bakar. Sangat menarik bahwa pada awal evolusi mereka, mesin diesel mempunyai peralatan materi bakar yang tidak tertandingi dengan nozel mekanis dan tekanan materi bakar diesel yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan latar belakang sistem modern.

Belum usang berselang, mesin diesel kurang ramah lingkungan dan agak lemot, tetapi untuk beberapa waktu unit jenis ini telah berubah secara dramatis, kita bisa lihat mercedes-benz dan bmw diesel yang cepat, efisien dan ramah lingkungan dengan mesin diesel, juga pajero dan fortuner.

Desain mesin ini terang memperlihatkan kemajuan unit pada mesin diesel. Karya teknologi ini dilengkapi dengan dua turbocharger inersia rendah tekanan rendah dan  turbocharger. Injektor Piezo menyuntikkan materi bakar pada tekanan sangat besar 2500 bar. Di pintu keluar - 400 hp dan 760 Nm. Menariknya, 450 Nm sudah tersedia di 1000 rpm! Inilah mereka, mesin diesel modern.

Ok, sekian dulu perihal mesin diesel, kita sambung di artikel-artikel selanjutnya

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "✔ Prinsip Kerja Dan Desain Mesin Diesel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel