✔ Bank Soal Pedagogik Ppg-Pkp

LATIHAN SOAL PEDAGOGI PPG-PKP
 bank soal akan diperbanyak dan diupdate kalau ada kesalahan ✔ Bank Soal Pedagogik PPG-PKP

Persiapan untuk UKM- PPG, bank soal akan diperbanyak dan diupdate kalau ada kesalahan...
  1. Seorang guru otomotif mengajarkan teori investigasi motor stater. Guru mengkondisikan siswa dengan cara mengajar melalui video, menjelaskan pentingnya keahlian merawat secara terpola system stater di dunia kerja, hingga menjelaskan orang yang bekerja di perusahaan otomotif mempunyai penghasilan besar. Penjelasan tersebut bertujuan semoga penerima didik berkeinginan berguru teori investigasi motor stater. Cara guru mengajar termasuk teori konstruktivistik …
A. Condition of Learning dari Robert Gagne
B. Information Processing dari Donald A. Norman
C. Social Learning dari Albert Bandura
D. Attribution dari Weiner
E. Operant Conditioning dari B.F Skinner
  1. Penilaian autentik sebisa mungkin melibatkan partisipasi penerima didik, khususnya dalam proses dan aspek-aspek yang akan dinilai. Guru sanggup melakukannya dengan meminta penerima didik menyebutkan unsur-unsur proyek/tugas yang akan mereka gunakan untuk memilih kriteria penyelesaiannya.
Berikut ini cara merekam hasil penilaian berbasis kinerja kecuali ….
A. Daftar cek
B. Catatan anekdot
C. Skala penilaian
D. Uraian terbatas
E. Memori atau ingatan
  1. Penilaian otentik mempunyai komponen sebagai berikut:
(1) Tugas yang harus dikerjakan siswa
(2) Lembar penilaian
(3) Rubrik penilaian
(4) Hasil karya siswa
(5) Proses/perbuatan belajar
Komponen yang harus ada dalam penilaian otentik yaitu ….
A. (1) – (2) – (3)
B. (1) – (3) – (5)
C. (2) – (3) – (4)
D. (2) – (4) – (5)
E. (1) – (2) – (4)
  1. Penilaian otentik menjadikan guru harus menerapkan pembelajaran otentik semoga terjadi peningkatan kualitas pembelajaran.
Berikut ini, kriteria guru yang melaksanakan penilaian otentik kecuali ….
A. Menilai kekuatan dan kelemahan penerima didik
B. Mengetahui bagaimana cara membimbing penerima didik untuk menyebarkan pengetahuan mereka sebelumnya
C. Menjadi pengasuh proses pembelajaran, melihat gosip baru, dan mengasimilasikan pemahaman penerima didik
D. Menilai hasil berguru menurut pedoman kelulusan di sekolah
E. Menjadi kreatif perihal bagaimana proses berguru penerima didik sanggup diperluas dengan menimba pengalaman dari luar kelas
  1. Berdasarkan hasil berguru penerima didik, guru mengetahui bahwa sebagian besar (90%) penerima didik belum memahami bahan yang disampaikan guru, dan nilai penerima didik belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM).
Untuk meningkatkan hasil berguru penerima didik , guru akan melaksanakan ….
A. Remedial
B. Bimbingan dan konseling
C. Pengayaan materi
D. Perbaikan program
E. Perbaikan proses pembelajaran
  1. Analisis data pada penelitian PTK dilakukan melalui tahapan:
(1) proses penyederhanaan data melalui seleksi data dan pengelompokkan data menjadi gosip bermakna
(2) upaya menampilkan data secara terang dan gampang dipahami dalam bentuk tabel, grafik
(3) pengambilan intisari dari penyajian data yang telah terorganisasi
(4) indikator keberhasilan tindakan disajikan dalam bentuk kriteria kualitatif dan/atau kuantitatif
(5) upaya mengkaji proses perihal apa yang telah dan belum terjadi, apa yang dihasilkan
Tahapan (1)-(2) dan (3) merupakan tahapan anallisis data PTK yaitu ….
A. Reduksi data, paparan data dan kesimpulan
B. Reduksi data, paparan data dan Refleksi
C. Reduksi data, paparan data dan Evaluasi
D. Paparan data, Refleksi dan Evaluasi
E. Paparan data, Kesimpulan dan Refleksi
  1. Guru yang melaksanakan PTK berupaya mengkaji proses perihal apa yang telah dan belum terjadi, apa yang dihasilkan, mengapa hal tersebut terjadi dan tindakan apa yang perlu dilakukan selanjutnya, merupakan tahapan ….
A. Evaluasi
B. Refleksi.
C. Reduksi
D. Perencanaan Tindakan
E. Observasi Tindakan
  1. Guru melaksanakan pra penelitian tindakan kelas menurut permasalahan dan tindakan yang akan dilakukan yaitu:
(1) Proses dan hasil pembelajaran memahami investigasi motor stater rendah
(2) Siswa kurang memahami perihal investigasi motor stater, siswa tidak aktif, nilai rata-rata ulangan kurang dari 60 dan ketuntasan berguru (KKM) mencapai 60
(3) Apakah dengan memakai metode simulasi sanggup meningkatkan hasil pembelajaran investigasi motor stater?
(4) Pembelajaran investigasi motor stater di kelas XI Sekolah Menengah kejuruan memakai metode simulasi, diskusi dan LKS
(5) Menentukan model, seni administrasi dan metode pembelajaran investigasi motor stater
(6) Menentukan media, alat dan sumber pembelajaran investigasi motor stater
Pelaksanaan pra PTK yang dilakukan guru pada tahap analisis dilema dan perencanaan tindakan yaitu ….
A. (1) – (3) – (5)
B. (1) – (3) – (6)
C. (2) – (5) – (6)
D. (2) – (4) – (5)
E. (1) – (4) – (6)
  1. Penilaian kompetensi perilaku memakai instrumen observasi, penilaian diri, dan penilaian antar penerima didik yang dilengkapi daftar kriteria yang memperlihatkan kinerja, aspek yang akan dinilai, dan gradasi mutu yaitu ….
A. Jurnal
B. Daftar cek
C. Rubrik
D. Skala penilaian
E. Portofolio
  1. Hasil penilaian memperlihatkan ada siswa yang kurang bisa menguasai kompetensi sesuai kriteria yang ditentukan (KKM). Guru mencari faktor penyebabnya, sehingga sanggup diberikan bimbingan atau pembelajaran remedial. Pernyataan tersebut merupakan penggunaan hasil penilaian berguru untuk keperluan ….
A. Laporan pertanggungjawaban
B. Seleksi
C. Promosi
D. Diagnosis
E. Memprediksi masa depan siswa.
  1. Disajikan data hasil analisis soal pilihan ganda
SOAL KEL A B C D E OMIT KEY
1 KA KB 0 1 10 7 0 1 0 1 0 0 0 0 B
2 KA KB 0 2 5 3 5 3 0 1 0 1 0 0 B
3 KA KB 0 0 1 2 9 3 0 3 0 2 0 0 D
50 KA KB 1 1 2 2 3 3 3 2 1 2 0 0 D
Pernyataan yang benar perihal validitas soal yaitu ….
A. Taman Kanak-kanak soal no 1 = 0,85 soal mudah, DP = 0,30 diterima dan diperbaiki
B. Taman Kanak-kanak soal no 2 = 0,40 soal sedang DP = 0,20 diterima dan diperbaiki
C. Taman Kanak-kanak soal no 3 = 0,15 soal sukar, DP = 0,30 diterima dan diperbaiki
D. Taman Kanak-kanak soal no 2 = 0,80 soal mudah, DP = 0,30 diterima dan diperbaiki
E. Taman Kanak-kanak soal no 1= 0,50 soal sedang, DP = 0,20 diterima dan diperbaiki
  1. Analisis data dan penilaian pada penelitian PTK dilakukan melalui tahapan:
(1) proses penyederhanaan data melalui seleksi data dan pengelompokkan data menjadi gosip bermakna
(2) upaya menampilkan data secara terang dan gampang dipahami dalam bentuk tabel, grafik
(3) pengambilan intisari dari penyajian data yang telah terorganisasi
(4) indikator keberhasilan tindakan disajikan dalam bentuk kriteria kualitatif dan atau kuantitatif
(5) upaya mengkaji proses perihal apa yang telah dan belum terjadi, apa yang dihasilkan
Seorang guru yang akan melaksanakan analisis data pada PTK harus memahami perihal reduksi data dan refleksi yaitu ….
A. (1) dan (5)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (5)
  1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yaitu planning kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis semoga pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, dan memotivasi penerima didik untuk berpartisipasi aktif. Maksud penentuan metode pembelajaran yang sempurna dalam RPP yaitu ....
A. Metode ditentukan menurut latar belakang kemampuan siswa
B. Metode ditentukan menurut ketersediaan sarana dan prasarana di sekolah
C. Metode ditentukan menurut kompetensi yang harus dicapai oleh siswa
D. Menggunakan multi metode semoga siswa sanggup aktif belajar
E. Menggunakan metode yang diadaptasi dengan penilaian yang akan dilaksanakan
  1. RPP mengarahkan kegiatan pembelajaran penerima didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Dalam menyusun RPP hendaknya dilengkapi dengan metode penilaian. Agar kompetensi praktik tercapai maka instrumen penilaiannya mencakup ....
A. Angket penilaian perilaku dan soal teori pendukung praktik
B. Soal teori pengetahuan investigasi motor stater dan soal uji kompetensi praktik
C. Soal teori pilihan ganda dan soal uraian yang mengukur pengetahuan
D. Soal yang sanggup mengukur sikap, pengetahuan, dan keterampilan
E. Lembar observasi dan soal uraian
  1. Pembelajaran teori maupun praktikum memerlukan pendekatan yang sempurna semoga proses pembelajaran sanggup membangkitkan acara penerima didik. Pada pembelajaran investigasi motor stater, pendekatan pembelajaran yang sesuai yaitu ....
A. Product based learning
B. discovery learning
C. Problem based learning
D. Cooperative learning
E. Mastery learning
  1. Penilaian berguru penerima didik mencakup penilaian kesiapan, proses dan hasil yang sanggup menggambarkan kompetensi penerima didik secara utuh. Dalam rangka memperbaiki proses pembelajaran, jenis tes yang dilaksanakan yaitu ....
A. Tes formatif dan tes diagnostik
B. Angket pendapat siswa mengenai pelaksanaan pembelajaran
C. Ujian tengah semester dan final semester
D. Pembuatan laporan proses pembelajaran oleh siswa
E. Kuesioner mengenai ketercapaian kompetensi siswa
  1. Penetapan KKM yang harus dicapai oleh penerima didik dilakukan melalui rapat guru mata pelajaran. KKM yang ditetapkan untuk pembelajaran praktik yaitu 80. Pada kelas 12 TKR diperoleh data nilai praktik investigasi motor stater sebagai berikut:
Komponen Nilai penerima didik
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10
Persiapan (20%) 16 18 14 10 14 14 16 16 16 14
Produk(70%) 60 50 45 60 65 40 30 65 60 60
Waktu (10%) 10 10 5 5 0 0 0 10 10 10
Dari data tersebut berapakah penerima didik yang lulus ?
A. 2
B. 4
C. 5
D. 6
E. 7
  1. Hasil ujian kompetensi kejuruan (UKK) memilih kelulusan penerima didik. Nilai final penerima didik berupa angka dari 0 – 100. Komponen hasil praktik (produk) yaitu 30%. Apabila nilai rata-rata di satu kelas yaitu 78 dengan standar deviasi 3, maka sanggup diduga nilai terendah penerima didik yaitu ....
A. 50
B. 60
C. 69
D. 75
E. 81
  1. Data penelitian dikumpulkan dengan memakai instrumen penelitian yang tepat. Instrumen pengumpulan data untuk memperoleh data minat penerima didik memakai ....
A. Lembar observasi
B. Panduan wawancara
C. Dokumentasi
D. Tes tertulis
E. Kuesioner
  1. Setelah data penelitian diperoleh maka selanjutnya dilakukan analisis data. Proses analisis data pada penelitian kuantitatif untuk mengetahui perbedaan antara dua rerata dilakukan dengan memakai ....
A. Uji-t
B. kecenderungan
C. korelasi
D. imbas variabel
E. chi kuadrat
  1. Laporan penelitian terdiri dari beberapa Bab. Pada final Bab II dikemukakan hipotesis atau pertanyaan penelitian. Maksud dari hipotesis yaitu ....
A. Ringkasan rumusan masalah
B. Kemungkinan balasan rumusan masalah
C. Jawaban sementara menurut kajian pustaka
D. Jawaban dari pertanyaan penelitian
E. Kesimpulan awal dari penelitian
  1. Pelaksanaan penilaian penerima didik mencakup penilaian formatif dan penilaian sumatif. Tujuan dari penilaian formatif yaitu .....
A. Menilai kompetensi penerima didik di tengah proses pembelajaran
B. Sebagai citra keberhasilan penerima didik untuk seluruh KD
C. Sebagai alat untuk melihat keberhasilan proses pembelajaran
D. Sebagai indikator keberhasilan pembelajaran oleh guru
E. Mengelompokkan penerima didik yang kompeten dan tidak kompeten
  1. Data penelitian dikumpulkan dengan memakai instrumen penelitian yang tepat. Instrumen pengumpulan data untuk memperoleh data kualitatif dalam tingkat pengetahuan penerima didik memakai ....
A. Lembar observasi
B. Panduan wawancara
C. Dokumentasi
D. Tes tertulis
E. Angket
  1. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas sanggup dilakukan pada satu kelas atau lebih. Tindakan yang paling sesuai untuk dilema kurangnya keaktifan penerima didik pada mata pelajaran AC kendaraan beroda empat yaitu ....
A. Menerapkan kelompok berguru untuk mengerjakan kiprah diskusi
B. Menerapkan tunjangan kiprah pembuatan paper
C. Mengkaitkan antara teori dan pola tragedi sehari- hari
D. Memperbanyak modul untuk berguru mandiri
E. Melaksanakan kiprah observasi di industri/perusahaan
  1. Dalam rangka memperoleh masukan terhadap kualitas proses pembelajaran praktik di sekolah diharapkan data yang representatif dari seluruh penerima didik. Agar masukan dari sampel penerima didik mewakili seluruhnya, maka responden dipilih dengan cara .....
A. Random sederhana
B. Random dengan klasifikasi
C. Semua siswa menjadi sampel
D. Separuh siswa menjadi sampel
E. Siswa kelas 12 saja yang menjadi sampel
  1. Deskripsi data kuantitatif pada laporan penelitian hendaknya sanggup menggambarkan secara terang kecenderungan dan tren yang ada. Menampilkan data kuantitatif untuk keperluan melihat kecenderungan memakai ....
A. Harga rerata dan standar deviasi
B. Harga jangkauan data
C. Grafik batang
D. Histogram
E. Tabel data
  1. Seorang guru memperlihatkan kiprah kepada penerima didik untuk mengerjakan soal perhitungan biaya perbaikan AC kendaraan beroda empat yang merupakan “stimulus” dan penerima didik dengan memakai pemikirannya melaksanakan kegiatan mengerjakan kiprah tersebut. Teori berguru ini disebut ....
A. kognitif
B. konstruktivistik
C. humanistik
D. sosial
E. behavioristik
  1. Pembelajaran teori maupun praktikum memerlukan pendekatan yang sempurna semoga proses pembelajaran sanggup membangkitkan acara penerima didik. Pada pembelajaran perawatan AC mobil, pendekatan pembelajaran yang sesuai yaitu ....
A. product based learning
B. discovery learning
C. problem based learning
D. cooperative learning
E. mastery learning
  1. Guru TKR mengidentifikasi dilema pada proses dan hasil pembelajaran memahami dan menerapkan pemeliharaan AC di kelas XI Sekolah Menengah kejuruan yang rendah. Analisis dilema penerima didik kurang memahami dan menerapkan konsep AC mobil, siswa tidak aktif, nilai ulangan rata-rata kurang dari 60 dan KKM mencapai 60%. Rumusan masalahnya: Apakah pembelajaran pemeliharaan AC kendaraan beroda empat dengan memakai multimedia interaktif dan simulator sanggup meningkatkan nilai tes ?.
Berikut ini, perencanaan tindakan yang perlu dilakukan guru, kecuali
A. Membuat skenario pembelajaran yang berisi langkah-langkah kegiatan pembelajaran
pemeliharaan AC kendaraan beroda empat
B. Mempersiapkan simulator pemeliharaan AC kendaraan beroda empat dan perangkat pembelajaran Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD)
C. Melaksanakan pengamatan tindakan pembelajaran pemeliharaan AC kendaraan beroda empat
D. Mempersiapkan instrumen penelitian dalam bentuk instrumen observasi proses dan hasil
belajar
E. Melakukan simulasi pelaksanaan tindakan dan menguji keterlaksanaan di kelas
Pada pembelajaran praktek keterampilan dasar sepeda motor, seorang guru TSM memulai pembelajaran dengan memberikan teori cara penggantian lampu utama sepeda motor, kemudian guru memberi pola cara mengganti lampu utama sepeda motor. Kemudian guru meminta penerima didik melaksanakan praktek yang dicontohkan oleh guru. Guru mengamati kesalahan penerima didik dan memperbaikinya, guru melaksanakan praktek berulang-ulang hingga penerima didik terampil mengganti lampu utama sepeda motor.
Cara guru mengajar tersebut termasuk teori berguru ….
A. Behavioristik
B. Kognitivistik
C. Konstruktivistik
D. Humanistik
E. Koneksionistik

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "✔ Bank Soal Pedagogik Ppg-Pkp"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel