✔ Soal Utn Ulang Pedagogik Dan Kunci Tanggapan - Ppg

Sebuah teori berguru secara filosofis perihal perubahan tingkah     laris sebagai hasil dar ✔ Soal UTN Ulang Pedagogik dan Kunci Jawaban - PPG
  1. Sebuah teori berguru secara filosofis perihal perubahan tingkah laris sebagai hasil dari pengalaman merupakan teori belajar... a. Behaviorisme b. Kognitifisme c. Konstruktivisme d. Afektifisme
  2. Sebuah teori berguru secara filosofis perihal perspektif bahwa para peserta didik memproses infromasi dan pelajaran melalui upayanya mengorganisir, menyimpan, dan kemudian menemukan korelasi antara pengetahuan yang gres dengan pengetahuan yang telah ada merupakan teori belajar... a. Behaviorisme b. Kognitifisme c. Konstruktivisme d. Afektifisme
  3. Sebuah teori berguru secara filosofis pengetahuan dibangun oleh insan sedikit demi sedikit, yang kesudahannya diperluas melalui konteks yang terbatas merupakan teori belajar... a. Behaviorisme b. Kognitifisme c. Konstruktivisme d. Afektifisme
  4. Sebuah teori berguru secara psikologis perihal salah satu aliran psikologi yang memandang individu hanya dari sisi fenomena jasmaniah, dan mengabaikan aspek–aspek mental merupakan teori belajar... a. Behaviorisme b. Kognitifisme c. Konstruktivisme d. Afektifisme
  5. Sebuah teori berguru secara psikologis perihal tahapan perkembangan individu merupakan teori belajar... a. Behaviorisme b. Kognitif Piaget c. Konstruktivisme d. Afektifisme
  6. Sebuah teori berguru secara psikologis dalam pembelajaran terjadi proses penerimaan informasi, untuk kemudian diolah sehingga menghasilkan keluaran dalam bentuk hasil berguru merupakan teori belajar...
a. Behaviorisme b. Kognitif Piaget c. Pemrosesan Informasi d. Afektifisme
  1. Jika sebuah respons menghasilkan imbas yang memuaskan, maka korelasi Stimulus - Respons akan semakin kuat. Sebaliknya, semakin tidak memuaskan imbas yang dicapai respons, maka semakin lemah pula korelasi yang terjadi antara Stimulus- Respons merupakan teori berguru behaviorisme... a. Law of Effect b. Law of Readiness c. Law of Exercise d. Law of Respondent Conditioning
  2. Kesiapan mengacu pada perkiraan bahwa kepuasan organisme itu berasal dari pemdayagunaan satuan pengantar (conduction unit), dimana unit-unit ini menjadikan kecenderungan yang mendorong organisme untuk berbuat atau tidak berbuat sesuatu merupakan teori berguru behaviorisme... a. Law of Effect b. Law of Readiness c. Law of Exercise d. Law of Respondent Conditioning
  3. Kesiapan mengacu pada perkiraan bahwa kepuasan organisme itu berasal dari pemdayagunaan satuan pengantar (conduction unit), dimana unit-unit ini menjadikan kecenderungan yang mendorong organisme untuk berbuat atau tidak berbuat sesuatu merupakan teori berguru behaviorisme... a. Law of Effect b. Law of Readiness c. Law of Exercise d. Law of Respondent Conditioning
  4. Jika dua macam stimulus dihadirkan secara simultan (yang salah satunya berfungsi sebagai reinforcer), maka refleks dan stimulus lainnya akan meningkat merupakan teori berguru behaviorisme... a. Law of Effect b. Law of Readiness c. Law of Exercise d. Law of Respondent Conditioning
  5. Jika refleks yang sudah diperkuat melalui Respondent conditioning itu didatangkan kembali tanpa menghadirkan reinforcer, maka kekuatannya akan menurun merupakan teori berguru behaviorisme... a. Law of Respondent Extinction b. Law of Readiness c. Law of Exercise d. Law of Respondent Conditioning
  6. Jika timbulnya sikap diiringi dengan stimulus penguat, maka kekuatan sikap tersebut akan meningkat merupakan teori berguru behaviorisme... a. Law of Respondent Extinction b. Law of operant conditining c. Law of Exercise d. Law of Respondent Conditioning
  7. Jika timbulnya sikap operant telah diperkuat melalui proses conditioning itu tidak diiringi stimulus penguat, maka kekuatan sikap tersebut akan menurun bahkan musnah merupakan teori berguru behaviorisme... a. Law of Respondent Extinction b. Law of operant conditining
c. Law of operant extinction d. Law of Respondent Conditioning
  1. Menurut UU No. 20 tahun 2003 perihal Sisdiknas pasal 1 ayat 20, berguru ialah … a. Proses mengubah jati diri seseorang b. Aktivitas yang dilakukan seseorang c. pengalaman atau training seseorang d. semua acara mental seseorang
  2. Teori berguru yang mendudukkan siswa sebagai individu yang pasif. Respons atau sikap tertentu dengan memakai metode training atau penyesuaian semata. Munculnya sikap akan semakin berpengaruh jika diberikan penguatan dan akan menghilang jika dikenai eksekusi merupakan pengertian dari teori belajar…. a. Behaviorisme b. Humanistik c. Sibernetik d. Kontruktivis
  3. Anak mempunyai dorongan untuk berbuat sesuatu, mempunyai kemauan dan aspirasinnya sendiri. Belajar tidak bisa dipaksakan oleh orang lain dan juga tidak bisa dilimpahkan kepada orang lain. Belajar hanya mungkin terjadi apabila anak aktif mengalami sendiri. Pernyataan tersebut merupakan prinsip pembelajaran…. a. Perhatian dan Motivasi b. Keaktifan c. Keterlibatan Langsung d. Pengulangan
  4. Teori berguru kognitif mulai berkembang pada kurun terakhir sebagai protes terhadap teori sikap yang yang telah berkembang sebelumnya. Peneliti yang menyebarkan teori kognitif ini ialah …. a. Bandura, Wielkeiwicks, Ausubel b. Ausubel, Bruner,Bandura c. Wielkeiwicks, Ausubel,Burner d. Ausubel, Bruner, dan Gagne
  5. Teori ini menggabungkan antara potensi-potensi otak kanan dan otak kiri sehingga potensi-potensi tersebut sanggup berjalan optimal. Kecerdasan merupakan potensi yang dimiliki seseorang yang sanggup diaktifkan melalui proses belajar, interaksi dengan keluarga, guru, teman dan nilai-nilai budaya yang berkembang.Teori berguru ini disebut…. a. Teori Belajar Revolusi Sosiokultural b. Teori Kecerdasan Ganda c. Teori Belajar Sosial d. Teori Pembelajaran Sosial
  6. Aliran ini lebih menekankan bagaimana kegiatan pembelajaran menjadi menarik. Artinya, mendapat perhatian dari peserta didik dibutuhkan alat bantu. Alat bantu ini sejalan dengan perkembangan teknologi informasi.Teori ini tergolong aliran …. a. Behaviorisme b. Humanistik c. Sibernetik d. Konstruktivisme
  7. Berbagai prinsip berguru yang relatif berlaku umum sanggup dipakai sebagai dasar dalam pembelajaran. Prinsip tersebut ialah …. a. Perhatian dan motivasi b. Keaktifan dan pandangan c. Keterlibatan pribadi dan pandangan hidup d. Pengulangan dan pola individual
  8. Paham behaviorisme ialah paham yang mengemukakan bahwa proses berbahasa merupakan proses rangsang-tanggap (stimulus-respons) Paham tersebut termasuk aliran: a. Strukturalisme b. Deskriptif c. Fungsional d. Nativisme
Kunci Jawaban:
  1. a. Behaviorisme
  2. a. Behaviorisme
  3. c. Konstruktivisme
  4. d. Afektifisme
  5. b. Kognitif Piaget
  6. c. Pemrosesan Informasi
  7. a. Law of Effect
  8. b. Law of Readiness
  9. c. Law of Exercise
  10. d. Law of Respondent Conditioning
  11. a. Law of Respondent Extinction
  12. b. Law of operant conditining
  13. c. Law of operant extinction
  14. a. Proses mengubah jati diri seseorang
  15. a. Behaviorisme
  16. c. Keterlibatan Langsung
  17. d. Ausubel, Bruner, dan Gagne
  18. b. Teori Kecerdasan Ganda
  19. c. Sibernetik
  20. a. Perhatian dan motivasi
  21. a. Strukturalisme

  1. Guru dengan kemampuan lisan yang baik sanggup meningkatkan hasil berguru siswa. Kemampuan lisan guru ditujukkan oleh:
a. Kompetensi untuk mengemukakan ide-ide dan mengkomunikasikannya dengan jelas
b. Penguasaan yang luas dan mendalam atas konsep dan teori-teori pendidikan
c. Pemahaman atas anak didik untuk membangun suasana komunikasi yang baik
d. Kualifikasi akademik yang memadai dan mempunyai sertifikasi sebagai pendidik
  1. Ungkapan “Dalang tak pernah kehabisan cerita” mencerminkan adanya kelemahan vital pada pembelajaran yang diselenggarakan guru, yaitu:
a. Pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dilakukan sembarangan
b. Guru tidak seimbang keterampilan pedagogis dan pengetahuan isinya
c. Pembelajaran tidak dikembangkan berdasar tujuan yang jelas
d. Guru mempunyai kelemahan dalam memahami keberadaan siswa
  1. Lama waktu bukan indikator yang baik untuk mengukur pengalaman guru. Aspek penting yang sanggup dijadikan indikator untuk mencirikan guru berpengalaman ialah kemampuannya untuk:
a. Merencanakan pembelajaran dengan baik
b. Melaksanakan pembelajaran secara efisien
c. Mengelola kelas secara efektif
d. Berimprovisasi dalam proses pembelajaran
  1. Guru profesional mempunyai keterampilan sosial dan hal tersebut ditunjukkan oleh:
a. Kemampuan uutuk berkomunikasi secara obyektif dengan siswa
b. Pemahaman akan lingkungan sosial anak didik di luar sekolah
c. Kemampuan menjalin korelasi positif dengan anak didik
d. Peran aktifnya dalam banyak sekali kegiatan kemasyarakatan
  1. Keterampilan untuk menata dan mengelola kelas dicerminkan oleh kemampuan guru profesional untuk:
a. Membuat siswa tertib dan disiplin mengikuti proses pembelajaran
b. Membangun komunikasi yang intensif dengan siswa
c. Menciptakan lingkungan yang aman untuk belajar
d. Menjadikan kelas rapi, higienis dan menyenangkan
  1. Dalam kegiatan pembelajaran, kiprah guru secara garis besar sanggup dike­lom­pokkan menjadi tiga, yaitu:
a. Merencanakan pembelajaran, merencanakan media pembelajaran, dan mengevaluasi pembelajaran.
b. Merencanakan taktik pembelajaran, merencanakan media pembelajaran, dan mengevaluasi pembelajaran.
c. Merencanakan taktik pembelajaran, merencanakan pembelajaran, dan mengevaluasi pembelajaran.
d. Merencanakan pembelajaran, melakukan pembelajaran, dan mengevaluasi pembelajaran.
  1. Seorang guru ingin mengajarkan sistem kemudi memakai media berbasis komputer yang bisa dimodifikasi geraknya sesuai keinginan. Media yang sempurna dipakai guru tesebut ialah ...
a. Powerpoint
b. Film
c. Adobe Flast
d. Internet
  1. Seorang guru akan memakai model berguru sanggup berdiri diatas kaki sendiri kepada muridnya, maka media yang cocok ialah ...
a. Buku teks
b. Film
c. Modul
d. Handout
  1. Dalam merancang suatu pembelajaran, proses pemilihan media dilakukan sesudah ...
a. merumuskan tujuan pembelajaran
b. memutuskan materi pembelajaran
c. memutuskan indikator kompetensi
d. menentukan taktik pembelajaran
  1. Salah satu kriteria pemilihan media pembelajaran ialah tingkat kesesuaian. Yang dimaksud dengan ksesuaian tersebut adalah....
a. Sesuai dengan tujuan pembelajaran
b. Sesuai dengan materi pembelajaran
c. Sesuai dengan karakteristik siswa
d. Sesuai dengan biaya yang tersedia
  1. Kurikulum pendidikan kejuruan berorientasi pada proses dan hasil. Yang dimaksug proses dalam hal ini adalah:
a. Seluruh matadiklat yang dipelajari selama di sekolah
b. seluruh pengalaman berguru praktek selama di sekolah
c. Seluruh aktifitas dan pengalaman berguru selama di sekolah
d. Seluruh pengalaman berguru teori dan praktek selama di sekolah
  1. Kurikulum pendidikan kejuruan harus bersifat dinamis artinya:
a. harus selalu diper­baharui atau diubahsuaikan dengan adanya perubahan yang terjadi dalam dunia kerja.
b. harus selalu diper­baharui atau diubahsuaikan dengan adanya perubahan teknologi yang terbaru
c. harus selalu diper­baharui atau diubahsuaikan dengan adanya perubahan yang terjadi di masyarakat
d. harus selalu diper­baharui atau diubahsuaikan dengan adanya perubahan yang terjadi di bidang pendidikan teknik
  1. Salah satu tahapan dalam merencanakan pembelajaran ialah pengorganesasian materi pelajaran. Tujuan dari pengorganesasian materi ialah biar ....
a. Guru sanggup nenilih kegiatan belajar
b. Siswa gampang memahami pelajaran
c. Guru sanggup memperhatikan urutan materi yang diajarkan
d. Guru gampang dalam mengajar
  1. Dalam RPP ada tahap apersepsi sebelum membahas materi pembelajaran. Pada tahap apersepsi guru memberikan informasi kecuali...
a. Materi yang akan dibahas
b. Manfaat materi
c. Tujuan pembelajaran
d. Sistim penilaian
  1. Kompetensi Dasar merupakan:
a. Sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai tumpuan untuk menyusun indikator kompetensi
b. Sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam seluruh mata pelajaran sebagai tumpuan untuk menyusun indikator kompetensi
c. Kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai tumpuan untuk menyusun indikator kompetensi
d. Kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam seluruh mata pelajaran sebagai tumpuan untuk menyusun indikator kompetensi
  1. Guru mengajar dengan memberi kebebasan masing masing siswa menentukan obyek yang dipelajarinya, maka guru tersebut menganut teori :
a. Behavioristik
b. Konvergensi
c. Kognitif
d. Naturalistik
  1. Intelektual anak berkembang seiring dengan bertambahnya usia/umur. Perkembangan intelektual siswa Sekolah Menengah kejuruan yang berumur antara 15 – 18 tahun berada pada tahap …
a. Pra Operasional
b. Operasi Kongkrit
c. Operasi formal
d. Operasional
  1. Seseorang yang berguru korelasi antar konsep untuk sanggup meramalkan, memecahkan dilema dan menciptakan kesimpulan gres ialah …
a. Belajar informasi
b. Belajar konsep
c. Belajar prinsip
d. Belajar ketrampilan
  1. Dasar pemilihan strategi/metode pembelajaran yang paling sempurna ialah ...
a. Disesuaikan dengan gaya mengajar guru
b. Disesuaikan dengan karakteristik materi pelajaran
c. Disesuaikan dengan penilaian yang akan dilaksanakan
d. Disesuaikan dengan alokasi waktu yang tersedia
  1. Ciri dari pembelajaran behaviorisme ialah ...
a. Menekankan pada proses-proses yang bersifat internal
b. Hasil berguru sanggup diamati atau diobservasi
c. Tidak membatasi definisi pebelajar pada sikap yang sanggup diamati
d. Menekankan pada berguru bermakna
  1. Mengajarkan materi asuh spooring akan lebih cepat tercapai tujuan instruksionalnya, jika guru memakai :
a. metode ceramah
b. metode demonstrasi
c. metode diskusi
d. metode role-play
  1. Siswa yang terlalu usang dalam menjawab alasannya ialah telalu banyak mempertimbangkan segala alternatif merupakan tipe anak dengan gaya belajar....
a. Impulsif
b. Field dependent
c. Reflektif
d. Sistematis
  1. Dalam merancang tes obyektif, guru harus mempertimbangkan jumlah butir soal. Hal ini dikarenakan....
a. makin banyak butir soal, waktu pengerjaan makin efektif
b. makin besar jumlah butir soal, kemungkinan reliabilitas makin tinggi
c. makin besar jumlah butir soal, makin fokus representasi bidang studi yang dites.
d. makin besar jumlah butir soal, makin kompleks kiprah yang dituntut oleh tes
  1. Seorang guru pertanyaan kepada siswa “apa bedanya motor 2 tak dan motor 4 tak”. Guru tersebut sedang mengukur siswa pada jenjang kemampuan ...
a. Pengetahuan
b. Pemahaman
c. Sistesis
d. Aplikasi
  1. Suatu penilaian dikatakan autentik apabila seorang guru ......
a. Memberi kiprah kelompok
b. Memberi tes pilihan ganda
c. Memberi tes tulis uraian
d. Memberi tes lesan/presentasi
  1. Kualitas suatu alat penilaian sanggup ditunjukkan dengan tingkat reliabelitas, yaitu...
a. Kesanggupan alat penilaian untuk mengukur konsep yang dinilai
b. Kesanggupan alat penilaian untuk mengukur pengertian yang terkandung dalam materi
c. Kesanggupan alat penilaian untuk memprediksi prestasi berguru siswa
d. Kesanggupan alat penilaian untuk mengukur hasil berguru secara ajeg
  1. Sistem penilaian hasil berguru dibedakan atas PAP dan PAN. Berikut ini yang merupakan sistem PAN adalah...
a. Sistem yang mengacu pada konsep berguru tuntas
b. Sistem yang mengacu pada tujuan yang ditetapkan
c. Sistem yang mengacu pada rata-rata kelas
d. Sistem yang mengacu pada standar kompetensi
  1. Dalam pelaksanaan tindakan dalam PTK, guru berperan ganda yaitu.
a. guru sekaligus peneliti.
b. guru sekaligus adaministrator.
c. peneliti sekaligus pengelola penelitian.
d. peneliti sekaligus penyusun proposal.
  1. Judul PTK yang sempurna di bawah ini ialah
a. Pengaruh Strategi Pembelajaran Kontekstual terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran pengukuran teknik.
b. Peningkatan Kualitas Pembelajaran pengukuran teknik dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual.
c. Pelaksanaan Pembelajaran pengukuran teknik dengan Strategi Pembelajaran KontekstuaL
d. Korelasi Strategi Pembelajaran Kontekstual dengan Peningkatan Kualitas Pembehjaran pengukuran teknik
  1. Langkah-langkah PTK merupakan rangkaian kegiatan yang berulang hingga mencapai hasil yang diharapkan. Kegiatan ini disebut
a. Sirkuler.
b. Siklus.
c. Aliran.
d. Pengulangan.
Kunci silahkan didiskusikan

SOAL UTN PEDAGOGIK
  1. Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam perkembangan peserta didik. Faktor utama yang mensugesti perkembangan kognitif anak adalah.....
A. Inspirasi
B. Budaya
C. Inspirasi
D. Pengasuhan dan lingkungan
  1. Menggunakan belahan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media ialah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan
A. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
B. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
C. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
D. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)
  1. Teori ini memandang berguru sebagai hasil dari pembentukan korelasi antara rangsangan dari luar (stimulus) dan jawaban dari siswa (response) yang sanggup diamati. Semakin sering korelasi (bond) antara rangsangan dan jawaban terjadi, maka akan semakin kuatlah korelasi keduanya (law of exercise). Teori berguru yang dimaksud adalah…
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme
  1. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil berguru yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:
A. Silabus
B. RPP
C. Silabus dan RPP
D. SKL
  1. Salah satu prinsip dalam penyusunan planning pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah
A. Materi atau materi asuh berbasis kompetensi
B. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik
C. RPP bersumber dari silabus
D. Alokasi waktu sesuai dengan acara pada setiap satuan pendidikan
  1. Menurut Piaget, periode perkembangan operasi kongkrit pada siswa usia peserta didik antara 7 – 12 tahun. Dengan demikian proses pembelajaran dikelas harus lebih menekankan…
A. Penggunaan media, alat peraga termasuk sumber belajar.
B. Pemberian kiprah yang tersetruktur.
C. Penggunaan metode bervariasi
D. Menekankan berfikir ktiris dan pemecahan masalah.
  1. Kemampuan yang paling penting dimiliki guru perihal media dan alat bantu pembelajaran adalah:
A. Memilih materi untuk menciptakan media/alat bantu
B. Membuat media dan alat bantu sederhana
C. Menggunakan media dan alat bantu
D. Merawat media dan alat bantu
E. Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber
  1. Setiap materi pembelajaran mempunyai tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan peserta didik memahami materi yang mempunyai tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.
Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah:
A. Menampilkan objek yang terlalu besar
B. Membuat konkrIt konsep yang abstrak
C. Menampilkan objek yang tidak sanggup diamati dengan mata telanjang.
D. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
  1. Seorang guru ingin membuka situs google untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang bersifat pribadi atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang sanggup dimanfaatkan oleh guru tersebut adalah…
A. Book
B. Forum
C. Blog
D. E-portofolio
  1. Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil berguru peserta didik, manakah yang pertama kali harus dipelajari:
A. Buku sumber yang digunakan
B. Kurikulum dan silabus
C. Indikator pencapaian kompetensi
D. Kemampuan awal siswa
  1. Penilaian hasil berguru siswa didasarkan pada karya siswa dan kiprah siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post test disebut ....
A. Konstruktivisme
B. *Authentic assesment*
C. Efektif
D. Kondusif
  1. Pendekatan tes yang berusaha menafsirkan hasil tes yang diperoleh siswa dengan membandingkannya dengan patokan telah ditetapkan, sebelum hasil tes itu sendiri diperoleh, dan bahkan sebelum kegiatan pengajaran dilakukan, patokan yang akan dipergunakan untuk menentukan batas kelulusan itu telah ditetapkan dinamakan ....
A. Penilaian contoh patokan
B. Penilaian contoh norma
C. Penilaian tuntas
D. Penilaian berkelanjutan
  1. Pendekatan tes ini memakai norma yang disusun secara relatif menurut distribusi skor yang dicapai oleh para pengikut dalam suatu tes. Dengan demikian maka skor standar yang dicapai oleh seseorang yang didasarkan atas norma relatif ini (PAN) mencerminkan status individu di dalam kelompok.
Pendekatan tes yang dimaksud adalah….
A. Penilaian berkelanjutan
B. Penilaian menyeluruh
C. Penilaian contoh patokan
D. Penilaian contoh norma
  1. Kurikulum 2013 memakai pendekatan penilaian yang disebut dengan istilah penilaian contoh kriteria (PAK). PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan berguru minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan karakteristik peserta didik.
Dengan demikian, Kurikulum 2013 memakai pendekatan penilaian yang didasarkan pada pendekatan ....
A. Penilaian berkelanjutan
B. Penilaian autentik
C. Penilaian contoh patokan
D. Penilaian contoh norma
15. Menggambarkan sejauh mana seorang peserta didik telah menguasai suatu kompetensi, merupakan…
A. Tujuan penilaian
B. Prinsip penilaian
C. Fungsi penilaian
D. Hasil penilaian

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "✔ Soal Utn Ulang Pedagogik Dan Kunci Tanggapan - Ppg"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel