✔ Mengenal Sistem Injeksi Mono Jetronik
Injeksi materi bakar ialah sebuah teknologi yang digunakan dalam mesin pembakaran dalam untuk mencampur materi bakar dengan udara sebelum dibakar.
Penggunaan injeksi materi bakar akan meningkatkan tenaga mesin jikalau dibandingkan dengan penggunaan karburator, lantaran injektor menciptakan materi bakar tercampur secara homogen. Hal ini, mengakibatkan injeksi materi bakar sanggup mengontrol pencampuran materi bakar dan udara yang lebih tepat, baik dalam proporsi dan keseragaman.
Injeksi materi bakar sanggup berupa mekanikal, elektronik atau adonan dari keduanya. Sistem awal berupa mekanikal, namun sekitar tahun 1980-an mulai banyak menggunakan sistem elektronik. Sistem elektronik modern menggunakan banyak sensor untuk memonitor kondisi mesin, dan sebuah unit kontrol elektronik menghitung jumlah materi bakar yang diperlukan. Oleh lantaran itu, injeksi materi bakar sanggup meningkatkan efisiensi materi bakar dan mengurangi polusi, dan juga menawarkan tenaga keluaran yang lebih.
Untuk efisiensi pemakaian materi bakar, motor 2 tak & motor rotari (Wankel) juga suka menggunakan sistem injeksi. Prinsip dasar sistem injeksi yang digunakan pada mobil-mobil ketika ini mulai simpulan sekitar tahun 1960, dan tahun 1967 industri Mobil VW mulai menggunakan sistem injeksi D (D-Jetronik), sistem ini pertama kali menggunakan Unit Pengontrol Elektronika .Dari tahun 1973 hingga ketika ini sistem injeksi K (K-Jetronik) & L-Jetronik serta Mono-Jetronik sudah digunakan pada mobil. Sistem-sistem injeksi ini merupakan pilihan lain dari sistem karburator, terutama pada negara-negara yang memiliki hukum yang ketat terhadap kondisi gas buang.
Dan, yang tidak kalah penting, emisi gas buang yang lebih bersih. Mono-Jetronic ialah sistem injeksi materi bakar tunggal terkontrol secara elektronik di mana injektor materi bakar yang dioperasikan solenoida menyuntikkan materi bakar di titik sentra di atas katup throttle. Ini ialah sebuah sistem harga hemat dan sangat cocok untuk yang kecil dan kendaraan berukuran sedang. Saat kondisi mengemudi berubah, dan ketika mesin semakin tua, menggunakan Kontrol loop tertutup Lambda.
Tangki bensin →pompa bensin listrik→saringan →injektor pengatur tekanan →tangki.
Tekanan bensin dalam sistem diatur oleh regulator / pengatur tekanan.
Pengukur jumlah udara
Konstruksi dan nama bagian
- Pembentuk pusaran udara
- Plat petistabil pusaran udara
- Bagian pemancar gelombang
- Penerima gelombang
- Penguat (amplifier)
- Saluran By Pass
pemancar & akseptor gelombang frekuensi tinggi.
Dengan sebuah penguat , gelombang frekuensi tinggi pada potongan
penerima diubah bentuknya menjadi impul tegangan yang diterima oleh komputer.
Sebenarnya apa fungsi jalan masuk By – Pass ?
Agar udara sanggup masuk lebih banyak kedalam silinder, dengan perbandingan
diameter By Pass tertentu maka udara yang diukur cukup sebagian yang dilalui
oleh gelombang bunyi frekuensi tinggi.
oleh gelombang bunyi frekuensi tinggi.
- Relai pompa bensin listrik/relai kombinasi
Kode terminal & hubungan kabel
- Ke pompa bensin 5. Komputer
- Komputer 6. Terminal 50
- Injektor 7. Baterai 30
- Massa 8. Kunci kotak 15
A. Relai pompa bensin B. Pompa bensin C. Baterai | D. Kunci kontak E. Koil pengapian F. Komputer | G. Ke busi H. Ke Injektor |
Injektor
Gambar I Katup jarum menutup
Gambar II Injektor menyemprotkan bensin
Keterangan
- Saluran masuk / filter
- Gulungan magnit listrik
- Pegas
- Badan
- Torak
- Ring pembatas
- Nozel
A. Katup jarum
B. Jarak pembukaan katup jarum
B. Jarak pembukaan katup jarum
Pertanyaan : Apa sebabnya pada mono jetronik, kadang kala menggunakan dua injektor?
Untuk menyesuaikan kebutuhan adonan materi bakar dengan volume motor.
Untuk menyesuaikan kebutuhan adonan materi bakar dengan volume motor.
Skema sinyal masuk dan keluar komputer
Sinyal masuk | ||
Sinyal keluar:
|
Belum ada Komentar untuk "✔ Mengenal Sistem Injeksi Mono Jetronik"
Posting Komentar