✔ Mengenal Sistem Injeksi Mono Jetronik

Injeksi materi bakar ialah sebuah teknologi yang digunakan dalam mesin pembakaran dalam un ✔ Mengenal Sistem Injeksi Mono Jetronik

Injeksi materi bakar ialah sebuah teknologi yang digunakan dalam mesin pembakaran dalam untuk mencampur materi bakar dengan udara sebelum dibakar.

Penggunaan injeksi materi bakar akan meningkatkan tenaga mesin jikalau dibandingkan dengan penggunaan karburator, lantaran injektor menciptakan materi bakar tercampur secara homogen. Hal ini, mengakibatkan injeksi materi bakar sanggup mengontrol pencampuran materi bakar dan udara yang lebih tepat, baik dalam proporsi dan keseragaman.

Injeksi materi bakar sanggup berupa mekanikal, elektronik atau adonan dari keduanya. Sistem awal berupa mekanikal, namun sekitar tahun 1980-an mulai banyak menggunakan sistem elektronik. Sistem elektronik modern menggunakan banyak sensor untuk memonitor kondisi mesin, dan sebuah unit kontrol elektronik menghitung jumlah materi bakar yang diperlukan. Oleh lantaran itu, injeksi materi bakar sanggup meningkatkan efisiensi materi bakar dan mengurangi polusi, dan juga menawarkan tenaga keluaran yang lebih.
Untuk efisiensi pemakaian materi bakar, motor 2 tak & motor rotari (Wankel) juga suka menggunakan sistem injeksi. Prinsip dasar sistem injeksi yang digunakan pada mobil-mobil ketika ini mulai simpulan sekitar tahun 1960, dan tahun 1967 industri Mobil VW mulai menggunakan sistem injeksi D (D-Jetronik), sistem ini pertama kali menggunakan Unit Pengontrol Elektronika .Dari tahun 1973 hingga ketika ini sistem injeksi K (K-Jetronik) & L-Jetronik serta Mono-Jetronik sudah digunakan pada mobil. Sistem-sistem injeksi ini merupakan pilihan lain dari sistem karburator, terutama pada negara-negara yang memiliki hukum yang ketat terhadap kondisi gas buang.
Dan, yang tidak kalah penting, emisi gas buang yang lebih bersih. Mono-Jetronic ialah sistem injeksi materi bakar tunggal terkontrol secara elektronik di mana injektor materi bakar yang dioperasikan solenoida menyuntikkan materi bakar di titik sentra di atas katup throttle. Ini ialah sebuah sistem harga hemat dan sangat cocok untuk yang kecil dan kendaraan berukuran sedang. Saat kondisi mengemudi berubah, dan ketika mesin semakin tua, menggunakan Kontrol loop tertutup Lambda.



Injeksi materi bakar ialah sebuah teknologi yang digunakan dalam mesin pembakaran dalam un ✔ Mengenal Sistem Injeksi Mono Jetronik

Tangki bensin →pompa bensin listriksaringan injektor  pengatur tekanan tangki.


Tekanan bensin dalam sistem diatur oleh regulator / pengatur tekanan.

Pengukur jumlah udara
Injeksi materi bakar ialah sebuah teknologi yang digunakan dalam mesin pembakaran dalam un ✔ Mengenal Sistem Injeksi Mono Jetronik
Konstruksi dan nama bagian
  1. Pembentuk pusaran udara            
  2. Plat petistabil pusaran udara
  3. Bagian pemancar gelombang         
  4. Penerima gelombang
  5. Penguat (amplifier)
  6. Saluran By Pass
Bagian 1 & 2 berfungsi untuk menciptakan pusaran udara yang akan diukur melalui
pemancar & akseptor gelombang frekuensi tinggi.
Dengan sebuah penguat , gelombang frekuensi tinggi pada potongan
penerima diubah bentuknya menjadi impul tegangan yang diterima oleh komputer.


Sebenarnya apa fungsi jalan masuk By – Pass ?
Agar udara sanggup masuk lebih banyak kedalam silinder, dengan perbandingan
diameter By Pass tertentu maka udara yang diukur cukup sebagian yang dilalui
oleh gelombang bunyi frekuensi tinggi.
  • Relai pompa bensin listrik/relai kombinasi


Injeksi materi bakar ialah sebuah teknologi yang digunakan dalam mesin pembakaran dalam un ✔ Mengenal Sistem Injeksi Mono Jetronik
Kode terminal & hubungan kabel
  1. Ke pompa bensin 5. Komputer
  2. Komputer   6. Terminal 50
  3. Injektor 7. Baterai 30
  4. Massa 8. Kunci kotak 15


Injeksi materi bakar ialah sebuah teknologi yang digunakan dalam mesin pembakaran dalam un ✔ Mengenal Sistem Injeksi Mono Jetronik


A. Relai pompa bensin
B. Pompa bensin
C. Baterai
D. Kunci kontak
E. Koil pengapian
F. Komputer
G. Ke busi
H. Ke Injektor
Injektor
Injeksi materi bakar ialah sebuah teknologi yang digunakan dalam mesin pembakaran dalam un ✔ Mengenal Sistem Injeksi Mono Jetronik
Gambar I Katup jarum menutup


Gambar II Injektor menyemprotkan bensin


Keterangan
  1. Saluran masuk / filter
  2. Gulungan magnit listrik
  3. Pegas
  4. Badan
  5. Torak
  6. Ring pembatas
  7. Nozel

A. Katup jarum
B. Jarak pembukaan katup jarum

Pertanyaan : Apa sebabnya pada mono jetronik, kadang kala menggunakan dua injektor?
Untuk menyesuaikan kebutuhan adonan materi bakar dengan volume motor.
Skema sinyal masuk dan keluar komputer
Injeksi materi bakar ialah sebuah teknologi yang digunakan dalam mesin pembakaran dalam un ✔ Mengenal Sistem Injeksi Mono Jetronik
Sinyal masuk


  • Pengukur udara
  • Sensor temperatur udara masuk
  • Temperatur air pendingin
  • Posisi katup gas
  • Sensor tahanan Co
  • Tegangan baterai
  • Sakelar putaran idle
  • Putaran motor
  • Kunci kontak terminal 50
  • Tekanan jalan masuk isap
Sinyal keluar:
  • Injektor
  • Pompa bensin


Ok sekian dulu, biar klarifikasi perihal injeksi monojetronik ini, sanggup menawarkan manfaat bagi kita semua

Belum ada Komentar untuk "✔ Mengenal Sistem Injeksi Mono Jetronik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel