✔ Pengenalan Dan Sejarah Indonesia - Bab 3 (Habis)
Menuju kemerdekaan 🆓
Munculnya nasionalisme
Nasionalisme Indonesia di kurun ke-20 harus dibedakan dari gerakan protes sebelumnya seperti; Perang Padri , Perang Jawa, dan banyak pola kecil dari kerusuhan agraria sporadis telah “prenationalistic” gerakan, produk-produk dari keluhan lokal(atau masih daerah-isme). Sebaliknya, nasionalisme pada awal kurun ke-20 ialah produk dari imperialisme gres dan merupakan belahan dari arus kerusuhan yang lebih luas yang mempengaruhi banyak belahan Afrika dan Asia yang tetap menjadi subyek kolonialisme Barat . Di Indonesia nasionalisme tidak hanya menyangkut perlawanan terhadap pemerintahan Belanda tetapi juga dengan persepsi gres perihal kebangsaan — merangkul etniskeragaman nusantara dan melihat ke restrukturisasi pola otoritas tradisional untuk memungkinkan penciptaan Indonesia sebagai negara modern. Ini sebagian berasal dari ketidakpuasan spesifik, diskriminasi ekonomi dari pemerintahan kolonial, luka psikologis yang timbul dari sedikit diskriminasi sosial , dan kesadaran gres perihal sifat otoritas Belanda yang menyeluruh. Yang juga penting ialah kemunculan elite baru, berpendidikan tetapi tidak mempunyai kesempatan kerja yang memadai untuk menyamai pendidikan itu, kebarat-baratan tetapi tetap mempertahankan hubungannya dengan masyarakat tradisional.
baca artikel sebelumnya: bagian 1 & bagian 2
baca artikel sebelumnya: bagian 1 & bagian 2
Formasi pada tahun 1908 dari Budi Utomo ("Noble Endeavour") sering dianggap sebagai awal dari nasionalisme yang terorganisir. Didirikan oleh Wahidin Sudirohusodo, seorang pensiunan dokter Jawa , "Budi Utomo" ialah organisasi elit, yang tujuannya — meskipun bersifat budaya dan bukannya politis — meliputi keprihatinan untuk mengamankan fasilitas bersama antara budaya tradisional dan masyarakat kontemporer. Sarekat Islam ("Asosiasi Islam"), didirikan pada tahun 1912, di bawah ketua karismatiknya , Omar Said Tjokroaminoto , organisasi ini berkembang pesat, mengklaim keanggotaan 2.500.000 pada tahun 1919. Penelitian kemudian memperlihatkan bahwa angka sebetulnya kemungkinan tidak lebih dari 400.000, tetapi bahkan dengan asumsi yang sangat berkurang ini, Sarekat Islam terang jauh lebih besar daripada gerakan lain dikala itu. Pada 1912 Partai Hindia (Indische Partij) - terutama pesta Eurasia - didirikan oleh EFE Douwes Dekker; dihentikan setahun kemudian, kemudian digantikan oleh partai Eurasia lain, menyebut dirinya Insulinde, nama puitis untuk Hindia Timur . Pada tahun 1914, orang Belanda, Hendricus Sneevliet, mendirikan Asosiasi Sosial Demokratik Hindia, yang menjadi partai komunis pada tahun 1920 dan mengadopsi nama itu.Partai Komunis Indonesia (Partai Komunis Indonesia; PKI) pada tahun 1924.
Pada simpulan Perang Dunia I, dengan demikian muncul banyak sekali organisasi, yang secara luas nasionalis bertujuan, tetapi berbeda dalam taktik dan tujuan pribadi mereka dan dalam ketajaman persepsi mereka perihal kebangsaan yang merdeka. Dengan tidak adanya disiplin partai yang tegas, ialah hal biasa bagi individu untuk menjadi belahan dari lebih dari satu organisasi secara bersamaan, dan, khususnya, kehadiran anggota Asosiasi Demokrasi Sosial Hindia di Sarekat Islam memungkinkan mereka untuk bekerja sebagai "blok dalam" yang lebih besar. gerakan. Gagasan bahwa waktunya belum matang bagi partai-partai komunis untuk mengambil kepemimpinan independen nasionalisme kolonial kemudian memimpin Komunis Internasional yang didirikan Soviet (juga dikenal Komintern atau Internasional Ketiga) untuk merumuskan seni manajemen kerjasama dengan partai-partai "borjuis" anti-imperialis. .
Pada simpulan Perang Dunia I, Belanda, dalam upaya untuk memberikan substansi pada komitmen mereka untuk mengasosiasikan masyarakat Indonesia lebih bersahabat dengan pemerintah, membentuk Dewan Rakyat (Volksraad). Terdiri dari adonan perwakilan yang ditunjuk dan dipilih dari tiga divisi rasial yang ditentukan oleh pemerintah — Belanda, Indonesia, dan “orang abnormal Asia” - Dewan Rakyat memberikan peluang untuk debat dan kritik tetapi tidak ada kontrol nyata atas pemerintah Hindia Timur. Beberapa pemimpin nasionalis siap mendapatkan dingklik dalam majelis, tetapi yang lain menolak, bersikeras bahwa konsesi hanya sanggup diperoleh melalui usaha tanpa kompromi.
Pada tahun 1921 ketegangan dalam Sarekat Islam antara para pemimpinnya yang lebih konservatif dan komunis mencapai puncaknya dalam resolusi disiplin yang menegaskan bahwa anggota Sarekat Islam bukan milik partai lain; ini, pada dasarnya, mengusir "blok di dalam" komunis, dan di sana terjadi persaingan sengit antara keduanya untuk mengendalikan keanggotaan akar rumput organisasi. PKI, begitu PKI berkomitmen pada agresi independen, mulai bergerak ke arah kebijakan oposisi sepihak terhadap rezim kolonial. Tanpa dukungan Komintern, dan bahkan tanpa kebulatan bunyi dalam jajarannya sendiri, ia melancarkan pemberontakan di Jawa pada simpulan 1926 dan di sumatera barat pada awal 1927. Gerakan-gerakan ini, yang mempunyai unsur-unsur protes tradisional serta pemberontakan komunis yang asli, gampang dihancurkan oleh pemerintah Hindia, dan kegiatan komunis secara efektif berakhir selama sisa periode kolonial.
Kekalahan pemberontakan komunis dan penurunan Sarekat Islam sebelumnya membuat jalan terbuka bagi organisasi nasionalis baru, dan pada tahun 1926 sebuah "klub studi umum" didirikan di Bandung, dengan seorang insinyur yang gres lulus, Sukarno, sebagai sekretarisnya. Klub mulai membentuk kembali gagasan nasionalisme dengan cara yang diperhitungkan untuk menarik elit perkotaan gres Indonesia. Setelah kegagalan gerakan Islam dan komunisme yang berdasarkan ideologis, pemikiran nasionalis diarahkan semata-mata pada gagasan usaha untuk kemerdekaan, tanpa ada komitmen sebelumnya terhadap tatanan politik atau sosial tertentu sesudahnya. Tujuan ibarat itu, diyakini, sanggup menarik bagi semua orang, termasuk Muslim dan komunis, yang setidaknya bisa mendukung usaha bersama untuk kemerdekaan, bahkan kalau mereka berbeda secara mendasar perihal apa yang harus diikuti. Nasionalisme, dalam pengertian ini, menjadi gagasan bahwa Sukarno muda dipakai sebagai dasar upayanya untuk menyatukan beberapa aliran perasaan antikolonial. Ide-ide Klub Studi Bandung diperkuat oleh arus pemikiran yang berasal dari siswa Indonesia di Belanda. Organisasi mereka, yang direstrukturisasi pada tahun 1924 di bawah nama Indonesia (sebagai lawan dari Belanda) yang sadar diri Indonesia (Perhimpunan Indonesia), menjadi pusat pemikiran nasionalis radikal, dan pada pertengahan 1920-an para siswa yang kembali dari Belanda bergabung dengan ibarat kelompok yang berpikiran di rumah.
Nasionalisme gres memerlukan organisasi gres untuk berekspresi, dan pada bulan Juli 1927 Asosiasi Nasionalis Indonesia, kemudian Partai Nasionalis Indonesia (PNI), dibuat di bawah kepemimpinan Sukarno. PNI didasarkan pada gagasan tidak bekerja sama dengan pemerintah Hindia dan dengan demikian dibedakan dari kelompok-kelompok itu, ibarat Sarekat Islam, yang siap mendapatkan keanggotaan Dewan Rakyat. Sukarno, bagaimanapun, ketika berusaha untuk membuat basis dukungan massa untuk PNI, juga berusaha dengan beberapa keberhasilan untuk bekerja sama dengan para pemimpin yang lebih moderat dan berhasil membentuk dalam partai sebuah asosiasi organisasi nasionalis yang berbasis luas, kalau agak genting.
Sentimen nasionalis bergema di luar partai politik. Pada 28 Oktober 1928, sejumlah perwakilan dari organisasi cowok mengeluarkan bersejarah itu Sumpah Pemuda (Sumpah Pemuda), di mana mereka bersumpah untuk mengakui hanya satu ibu pertiwi Indonesia, satu orang Indonesia, dan satu bahasa Indonesia. Itu ialah insiden penting dalam sejarah negara ini dan juga dianggap sebagai momen pendiri bahasa Indonesia.
Pada simpulan 1929, Sukarno ditangkap dengan beberapa rekannya dan diadili, dihukum, dan dijatuhi eksekusi empat tahun penjara. Dia dibebaskan pada simpulan 1931, tetapi pada dikala itu gerakan bersatu yang beliau bantu untuk ciptakan mulai hancur. PNI dibubarkan dan direformasi sebagai Partindo. Sejumlah kelompok lain berkumpul untuk membentuk sebuah organisasi baru, Klub Pendidikan Nasional Indonesia, yang dikenal sebagai PNI Baru. Sementara Partindo melihat dirinya sebagai partai massa di jalur PNI lama, PNI Baru, di bawah kepemimpinan Mohammad Hatta dan Sutan Sjahrir , ditujukan untuk melatih para kader yang sanggup mempertahankan kepemimpinan berkelanjutan dari gerakan ini kalau para pemimpinnya ditangkap.
Pada 1933 Sukarno ditangkap lagi dan diasingkan ke Flores ; beliau kemudian dipindahkan ke Bengkulu di sumatera. Tindakan represif dilakukan terhadap para pemimpin partai lainnya, termasuk Hatta dan Sjahrir, yang juga diasingkan. Pada 1930-an, para pemimpin nasionalis dipaksa untuk bekerja sama dengan Belanda, dan partai-partai moderat ibarat Parindra mendapatkan keanggotaan Dewan Rakyat. Pada tahun 1937, sebuah partai yang lebih radikal, Gerindo, dibentuk, tetapi menganggap dukungan Belanda terhadap ancaman Sosialisme Nasional (Nazisme) lebih penting daripada persoalan kemerdekaan.
Perang Dunia II mengubah situasi. Jatuhnya Hindia Timur ke Jepang awal tahun 1942 memecahkan kelangsungan pemerintahan Belanda dan kegiatan nasionalis semakin marak.
Pendudukan Jepang
Otoritas militer Jepang di Jawa , yang telah memimpin personel manajemen Belanda, merasa perlu memakai orang Indonesia di banyak posisi administratif, dengan demikian memberi peluang orang-orang yang telah ditolak mereka di bawah Belanda. Untuk mengamankan penerimaan rakyat terhadap kekuasaan mereka, Jepang juga berusaha meminta dukungan dari para pemimpin nasionalis dan Islam. Di bawah kebijakan ini Sukarno dan Hatta keduanya mendapatkan posisi dalam manajemen militer.
Meskipun pada awalnya disambut sebagai pembebas, Jepang secara sedikit demi sedikit memantapkan diri mereka sebagai tuan. Kebijakan mereka berfluktuasi sesuai dengan urgensi perang, tetapi secara umum tujuan utama mereka ialah membuat Hindia Timur melayani kebutuhan perang Jepang. Akan tetapi, para pemimpin nasionalis merasa bisa memperdagangkan dukungan untuk konsesi politik . Sukarno bisa meyakinkan pemerintah bahwa dukungan Indonesia hanya sanggup dimobilisasi melalui organisasi yang akan mewakili aspirasi orisinil Indonesia . Pada bulan Maret 1943 organisasi semacam itu, Putera (Pusat Tenaga Rakjat; "Pusat Kekuatan Rakyat"), dilantik di bawah kepemimpinannya. Sementara organisasi yang gres memungkinkan Sukarno untuk mengakibatkan dirinya lebih terang sebagai pemimpin negara yang gres muncul, dan sementara itu memungkinkannya untuk mengembangkan jalur komunikasi yang lebih efektif dengan masyarakat, organisasi itu juga menempatkan kepadanya tanggung jawab untuk mempertahankan dukungan Indonesia untuk Jepang melalui , di antara perangkat lain, acara romusha (kerja paksa). Kemudian pada tahun itu, opini Indonesia diberikan lembaga lebih lanjut dalam Dewan Penasihat Pusat dan serangkaian dewan lokal. Pada tingkat yang berbeda, cowok Indonesia sanggup memperoleh rasa integritas kelompok melalui keanggotaan di beberapa organisasi cowok yang didirikan oleh Jepang. Pembentukan pasukan pertahanan juga sangat penting, anggota terdiri dari sukarelawan dan dipimpin oleh orang Indonesia pada bulan Oktober 1943 yang dilatih oleh Jepang. Tentara Pembela Tanah Air (Peta; "Tentara Relawan Pembela Tanah Air") akan menjadi kekuatan militer inti dari revolusi Indonesia.
Kejahatan perang Jepang di Indonesia antara tahun 1942-1945 ialah sejarah kelam yang tak terlupakan. Kebijakan pemerintah fasis Jepang di Indonesia untuk secara sistematis merekrut perempuan Indonesia untuk dipaksa sebagai "budak seks" (Ianfu) untuk tentara Jepang selain merekrut warga negara Indoensia sebagai pekerja paksa (Romusha) dan organisasi paramiliter untuk mendukung pasukan militer reguler mereka (Heiho) ialah peristiwa dan penderitaan luar dan dalam yang dialami nenek moyang kita pada dikala itu. Bagaimana kemajuan Jepang dikala ini bertumpu pada penderitaan rakyat Indonesia.
cerita perihal mantan Perdana Menteri Jepang Nakasone hanyalah sebuah ilustrasi perihal bagaimana perekrutan perempuan Indonesia sebagai "budak seks" untuk pasukan Jepang didasarkan pada kebijakan yang dibuat secara sadar dan sengaja.
Selama pendudukan Jepang, sekitar 200.000-400.000 perempuan Asia berusia 13 - 25 tahun dipaksa menjadi budak seksual oleh tentara Jepang. Para perempuan direkrut secara halus dengan sekolah gratis yang dijanjikan dan dijanjikan untuk bekerja sebagai pekerja, pekerja rumah tangga, pembantu rumah tangga, masakan dan dengan cara garang dengan meneror melalui cara-cara kekerasan, penculikan dan bahkan perkosaan di depan keluarga mereka.
Para perempuan Indonesia biasanya direkrut menjadi jugun ianfu berdasarkan paksaan (diambil begitu saja di jalan atau bahkan di rumah mereka), diiming-imingi untuk sekolah ke luar negeri, atau akan dijadikan pemain sandiwara (seperti yang terjadi pada ikon usaha jugun ianfu asal Indonesia, Ibu Mardiyem). Para mantan jugun ianfu masih mencicipi stress berat psikologis dan gangguan fungsi fisik akhir pengalaman pahit yang pernah mereka alami. Belum lagi masyarakat yang tidak memperoleh informasi dengan benar, justru menganggap mereka sebagai perempuan penghibur (tanpa paksaan).
Pada tanggal 9 November 2011, Global Future Institute mengadakan seminar dengan tema: Strategi Membangun Kesadaran Sejarah untuk Generasi Mendatang Ianfu Sejarah Indonesia: Kasus Ianfu dan Rawa Gede. Melalui seminar disepakati bahwa usaha melawan Korban Ianfu Indonesia harus diletakkan dalam perspektif menghormati martabat dan hak-hak mereka selain membantu merehabilitasi mereka.
Pada pendirian ini, ada beberapa langkah kasatmata yang diusulkan yang akan diajukan sebagai masukan bagi pemerintah Indonesia dan Dewan Perwakilan Rakyat:
- Diperlukan untuk mengklarifikasi sejarah ianfu Indonesia bahwa mereka ialah korban kejahatan perang Jepang di Indonesia pada periode 1942-1945.
- Meminta pemerintah Indonesia untuk segera memasukkan jugun ianfu ke dalam buku-buku sejarah sebagai korban Pendudukan Jepang di Indonesia.
- Perlu segera membuat monumen, prasasti, atau bahkan museum, sebagai simbol yang diharapkan sanggup berbicara perihal apa yang terjadi selama pendudukan Jepang di Indonesia, dan apa yang pernah dialami oleh para korban ianfu Indonesia, khususnya para Wanita Indonesia.
- Untuk mempertimbangkan pentingnya kiprah pemerintah dalam mendukung dan membantu unsur-unsur usaha masyarakat untuk ianfu Indonesia dalam konteks mengembalikan martabat mereka sebagai korban, perlu untuk mencari keterlibatan lintas kementerian dalam pemerintah.
- Meminta pemerintah Indonesia untuk mendesak Jepang biar bertanggung jawab atas partisipasinya dalam mengklarifikasi sejarah Jugun Ianfu di Indonesia. Makara Jepang tidak hanya cukup untuk meminta maaf.
- Meminta pemerintah Indonesia untuk mendesak Jepang untuk membantu mengungkap sejarah Ianfu di Indonesia sejelas mungkin.
- Menyerukan perhatian kepada semua lembaga pendidikan sehubungan dengan pengajaran sejarah di semua tingkat pendidikan, dalam menyajikan sejarah ianfu Indonesia sesuai dengan fakta sejarah yang sebenarnya.
- Menggaris bawahi pentingnya berurusan dengan persoalan ianfu untuk dimasukkan ke dalam perspektif korelasi Indonesia-Jepang yang lebih setara dan bermartabat.
- Untuk acara jangka pendek, mengingat kehidupan para korban dikala ini yang masih dalam kesulitan ekonomi, perlu segera diprogramkan acara jaminan sosial bagi para korban ianfu di luar konteks acara lansia.
Pada bulan Maret 1944, Jepang, yang merasa bahwa Putera melayani kepentingan Indonesia daripada kepentingan Jepang, menggantikannya dengan “organisasi loyalitas rakyat” yang disebut Djawa Hokokai, yang dijaga di bawah kendali yang lebih dekat. Enam bulan kemudian perdana menteri Jepang mengumumkan niat Jepang untuk mempersiapkan Hindia Timur bagi pemerintahan sendiri. Pada Agustus 1945, pada malam penyerahan Jepang, Sukarno dan Hatta dipanggil ke Saigon (sekarang Kota Ho Chi Minh ) di Vietnam , di mana Terauchi Hisaichi, komandan pasukan ekspedisi Jepang di Asia Tenggara , berjanji akan segera menyerahkan kemerdekaan.
Sekembalinya ke Batavia (sekarang Jakarta), Sukarno dan Hatta berada di bawah tekanan untuk mendeklarasikan kemerdekaan secara sepihak. Tekanan ini mencapai klimaksnya dalam penculikan tokoh ini, selama sehari, oleh beberapa pemimpin cowok Jakarta. Pada pagi hari 17 Agustus 1945, setelah gosip Jepang menyerah, Sukarno dan Hatta menyatakan Indonesia sebagai republik merdeka.
Revolusi
Proklamasi tersebut menyulut serangkaian pemberontakan di Jawa yang meyakinkan pasukan Inggris yang dipercayakan mendapatkan penyerahan pasukan Jepang bahwa republik yang diproklamirkan itu harus ditanggapi dengan serius. Pada tingkat pemerintah pusat, konstitusi yang diadopsi oleh para pemimpin Republik Indonesia yang gres berbentuk kepresidenan, tetapi Komite Nasional Indonesia Pusat yang representatif luas, pada dasarnya, menjadi parlemen ad hoc. Sukarno, sebagai presiden, baiklah untuk mengikuti konvensi parlemen dengan membuat kabinetnya bergantung pada kemampuan mereka untuk memerintahkan kepercayaan komite.
Karakter impulsif dari revolusi Indonesia ditunjukkan oleh sejumlah insiden, terutama usaha untuk Bandung pada simpulan 1945 dan awal 1946 dan Pertempuran Surabaya 😘 pada November 1945; di Surabaya pejuang Indonesia melawan pasukan Inggris yang superior selama tiga minggu. Pertempuran juga pecah di sumatera dan Sulawesi . Meskipun Belanda berharap untuk menegaskan kembali kendali mereka atas koloni mereka tanpa pertanyaan, dan meskipun mereka bisa mempermainkan ketakutan pulau-pulau terluar (umumnya, pulau-pulau selain Jawa dan Madura ) dari sebuah republik yang berbasis di Jawa, mereka hasilnya dipaksa untuk bernegosiasi dengan perwakilan republik yang dipimpin oleh Sjahrir, yang pada dikala itu ialah perdana menteri. ItuPerjanjian Linggadjati (dirancang 15 November 1946, dan ditandatangani pada 25 Maret 1947), di mana Belanda baiklah untuk mentransfer kedaulatan pada waktunya ke Indonesia federal, sepertinya memperlihatkan solusi untuk konflik. (Belanda mengklaim bahwa suatu federasi dibutuhkan lantaran keragaman Hindia Timur dan perbedaan antara Jawa yang berpenduduk padat dan pulau-pulau terluar yang jarang penduduknya). Namun, interpretasi yang berbeda, mengakibatkan perjanjian itu sebuah surat mati semenjak awal. Pada Juli 1947 Belanda, dalam upaya untuk menuntaskan persoalan dengan paksa, memprakarsai apa yang mereka sebut tindakan polisi terhadap republik. Efeknya ialah untuk membangkitkanIntervensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam bentuk komisi yang dikenal sebagai Komite Kantor Baik, dan berakhir dengan Perjanjian Renville yang berbahaya pada Januari 1948. Pada Desember 1948, tindakan polisi kedua diluncurkan.
Sementara itu, pemerintah republik menghadapi beberapa oposisi domestik. Pada 1946, persekutuan sayap kiri diorganisasi oleh pengikut Ibrahim Datuk Tan Malaka , yang menentang kebijakan perundingan dengan Belanda. Affair yang disebut 3 Juli ini gampang dihancurkan. Pada bulan September 1948, tantangan yang lebih serius, dalam bentuk pemberontakan komunis ( Urusan Madiun ), juga dikalahkan.
Tindakan polisi kedua membangkitkan kekhawatiran Amerika. Itu juga menutup peringkat Indonesia dengan kuat di belakang republik. Dalam keadaan ini Belanda, pada konferensi meja bulat di Den Haag , hasilnya baiklah pada Agustus 1949 untuk memindahkan kedaulatan atas koloninya (dengan pengecualian Papua Barat ) ke Amerika Serikat Indonesia yang merdeka pada Desember 1949; keputusan perihal nasib pamungkas Papua Barat belahan barat akan menjadi subjek perundingan di masa depan.
Merdeka Indonesia hingga 1965
Tahun-tahun demokrasi konstitusional
Konstitusi federal awal tahun 1949 digantikan pada tahun 1950 oleh konstitusi kesatuan tetapi masih sementara. Itu bersifat parlementer dan menugaskan kiprah yang intinya menjadi figur presiden. Dari periode revolusioner, Indonesia telah mewarisi sistem multipartai. Partai utama setelah kemerdekaan ialah partai Muslim utama,Masyumi (Masjumi); pesta para teolog Muslim,Nahdlatul Ulama (NU), yang memisahkan diri dari Masyumi pada tahun 1952; ituPartai Nasionalis (PNI); ituPartai Komunis (PKI); partai "komunis nasional", Murba; partai-partai Muslim yang kurang, Perti dan Partai Sarekat Islam Indonesia (PSII); dan Partai Sosialis (PSI). Sampai pemilihan pertama diadakan, pada tahun 1955, parlemen diisi dengan penunjukan berdasarkan perjanjian informal antara partai-partai perihal kemungkinan kekuatan pemilihan mereka. Pemilihan umum tahun 1955, percobaan yang luar biasa dan berhasil secara teknis dalam melaksanakan pilihan politik oleh sebagian besar penduduk yang tidak buta huruf, menegaskan posisi Masyumi, NU, PNI, dan PKI sebagai empat partai politik utama di negara itu.
Dengan pengecualian PKI, partai-partai tidak mewakili kepentingan atau acara yang terang bertentangan, meskipun beberapa pola luas dukungan pekerjaan, regional, dan budaya sanggup dilihat. PNI sangat kuat di jajaran layanan sipil , sementara Masyumi cenderung menemukan dukungannya di kota-kota pasar dan di antara kelas-kelas perdagangan; NU lebih kuat di daerah pedesaan. PSI, sebuah partai yang kuat hingga hampir dihilangkan dalam pemilihan, mempunyai dukungan kuat di jajaran tinggi tentara dan birokrasi . Dalam hal distribusi kekuatan partai secara regional, PNI, NU, dan PKI intinya ialah partai-partai berbasis Jawa, sementara Masyumi mengambil sebagian besar kekuatannya dari luar Jawa, terutama dari sumatera Baratdan Sulawesi barat daya. Dukungan Masyumi di Jawa sanggup ditemukan terutama di provinsi Jawa Barat (Jawa Barat), rumah orang Sunda , yang bertentangan dengan populasi etnis Jawa . (Ketika perlawanan mencapai titik pemberontakan terbuka pada tahun 1958, karakter regional dari persaingan politik Indonesia sangat penting.) Afiliasi partai juga hingga batas tertentu berafiliasi dengan kontradiksi budaya yang luas antara masyarakat Jawa berbasis beras yang hierarkis dan Muslim yang lebih kuat. daerah-daerah di mana perdagangan bukan pertanian (dan masih) dominan. Aliran sosial utama ( aliran) dalam masyarakat Indonesia yang membentang banyak sekali kepentingan, kelas, dan daerah tercermin serupa dalam partai politik dan suborganisasi mereka; pembagian dalam Jawa antara orientasi santri (Muslim taat) dan abangan (Muslim sinkretik) merupakan belahan integral dari persaingan antara NU dan Masyumi di satu sisi dan PNI dan PKI di sisi lain.
Pada awal dan pertengahan 1950-an, ada suksesi pemerintahan yang cepat di bawah serangkaian perdana menteri: Hatta (Desember 1949 – Agustus 1950), Mohammad Natsir (September 1950 - Maret 1951), Sukiman Wirjosandjojo (April 1951 – Februari 1952) , Wilopo (April 1952 – Juni 1953), Ali Sastroamidjojo (Juli 1953 – Juli 1955), Burhanuddin Harahap (Agustus 1955 – Maret 1956), dan Ali sekali lagi (Maret 1956 – Maret 1957). Ketidakstabilan ini membuat kekecewaan yang semakin besar terhadap buah-buah kemerdekaan dan perasaan kontras antara heroisme revolusi dan persaingan partai yang mencari diri sendiri yang mengikutinya. Secara khusus, konflik antara pulau-pulau terluar penghasil ekspor dan pulau Jawa yang berpenduduk padat menjadi semakin mencolok. Pada bulan Desember 1956, faktor-faktor ketidakpuasan ini mengakibatkan pergerakan pembangkangan regional, didukung oleh komandan militer setempat, Semenanjung Minahasa di Sulawesi utara, dan di tempat lain.
Pengenalan Demokrasi Terpimpin
Terhadap latar belakang perbedaan pendapat yang tersebar secara geografis namun menonjol, Sukarno, benci dengan posisinya yang terbatas sebagai presiden boneka, mulai ikut campur lebih sering dalam proses konstitusi. Pada tahun 1956 Wapres Hatta, yang telah dianggap sebagai kawan dalam kepemimpinan Sukarno, mengumumkan pengunduran dirinya, dan pada bulan Februari 1957 Sukarno mengumumkan konsepnya sendiri untuk pemerintahan Indonesia. Mengkritik demokrasi liberal Barat sebagai tidak sesuai dengan keadaan Indonesia, ia menyerukan sistem politik "demokrasi dengan bimbingan" berdasarkan mekanisme adat. Cara Indonesia untuk menetapkan pertanyaan-pertanyaan penting, menurutnya, ialah melalui musyawarah yang berkepanjangan yang dirancang untuk mencapai konsensus (mufakat); ini ialah mekanisme di tingkat desa, dan itu harus menjadi model bagi negara. Dia mengusulkan pemerintah berdasarkan empat partai utama plus dewan nasional yang mewakili tidak hanya partai politik tetapi kelompok fungsional - pekerja perkotaan, petani pedesaan, kaum intelektual, pengusaha nasional, organisasi keagamaan, layanan bersenjata, organisasi pemuda, organisasi wanita, dll — melalui yang, di bawah bimbingan presiden, konsensus nasional sanggup mengekspresikan dirinya.
Dua tahun berikutnya ialah masa krisis yang hampir terus-menerus. Pengunduran diri pemerintah Ali kedua diikuti oleh proklamasi "keadaan perang dan pengepungan" dan pembentukan pemerintahan non-partisan di bawah Djuanda Kartawidjaja. Pada simpulan tahun 1957, dalam serangkaian agresi pribadi di seluruh negeri, properti Belanda disita sebagai belahan dari kampanye untuk pemulihan Papua Barat, yang telah dipertahankan Belanda bahkan setelah secara resmi memberikan kemerdekaan Indonesia; pemerintah Indonesia pada waktunya mengambil alih operasi perusahaan-perusahaan Belanda yang disita. Tentara itu sendiri ditarik ke dalam pengelolaan perkebunan, dan pengusaha militer datang, pada waktunya, untuk memainkan kiprah ekonomi yang berkelanjutan.
Di awal tahun berikutnya, para pemimpin dari sumatera barat meluncurkan tantangan pribadi ke Jakarta dalam bentuk pemerintahan alternatif dari republik ini, Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia. Pemberontakan tersebut, didukung oleh beberapa pemimpin senior Masyumi, didukung juga oleh komandan militer provinsi Sulawesi Utara (Sulawesi Utara; Sulawesi Utara). Namun, pemerintah pusat bertindak cepat dan berhasil menekan pemberontakan. Dengan daerah dikalahkan, partai-partai didiskreditkan, dan prestise tentara ditingkatkan oleh keberhasilannya baru-baru ini terhadap pemberontak, Sukarno sekali lagi mengambil pandangan gres Demokrasi Terpimpin. Didukung oleh kepala staf angkatan darat, Jenderal A.H. Nasution, ia mengusulkan pengembalian konstitusi 1945 jenis pemerintahan presidensial di mana ia percaya akan mungkin untuk menerapkan prinsip-prinsip pertimbangan dan konsensus. Ketika Majelis Konstituante (dipilih pada tahun 1955 untuk merancang konstitusi permanen) gagal menyetujui proposal ini, Sukarno memperkenalkannya melalui dekrit presiden pada 5 Juli 1959.
Kebijakan Sukarno
Di bawah konstitusi 1945, Sukarno mempunyai tanggung jawab direktur serta fungsi seremonial sebagai kepala negara. Dia dengan cepat membuat pemerintahan gres dengan Djuanda Kartawidjaja, kini perdana menteri, sebagai pemimpinnya. Sambil menunggu pemilihan di bawah undang-undang pemilu yang baru, ia menunjuk (sesuai dengan prinsip perwakilan fungsional) anggota DPR yang disyaratkan oleh konstitusi: Majelis Permusyawaratan Rakyat; MPR) dan Dewan Pertimbangan Agung; DPA). Pada tahun 1960, ketika MPR menolak anggaran pemerintah, ia menggantinya dengan parlemen yang dicalonkan sementara.
Tujuan sentral Sukarno ialah pelestarian persatuan negara dan pemulihan rasa identitas nasional, tujuan yang ia kejar melalui gaya yang semakin flamboyan. Kepedulian Sukarno dengan simbol-simbol kebesaran — diekspresikan di gedung-gedung megah, monumen nasional, slogan-slogan yang menggugah, dan aksi-aksi bergengsi ibarat penyelenggaraan Asian Games Keempat (1962) — tidak disertai dengan upaya untuk memahami persoalan ekonomi negara. Kerusakan ekonomi yang disebabkan oleh perebutan perusahaan-perusahaan Belanda pada tahun 1957 dan oleh kemewahan dari pencariannya akan kemegahan dibenarkan di matanya sebagai belahan integral dari kiprah untuk membuat orang Indonesia besar hati dengan diri mereka sendiri dan kemerdekaan mereka. Namun demikian, ia terang tidak menyadari konsekuensi ekonomi dari kebijakannya, tidak memperlihatkan legalisasi utang luar negeri, penurunan ekspor, atau percepatan inflasi pada awal 1960-an.
Selama tahun-tahun Demokrasi Terpimpin, kekuatan Sukarno sangat bergantung pada pelestarian keseimbangan antara tentara dan PKI. Periode itu ialah salah satu dari pertumbuhan prestise komunis, dan Sukarno secara konsisten melindungi PKI dari tindakan yang dilakukan terhadapnya oleh tentara. Dia menentang upaya militer untuk melarang kongres PKI dan untuk menekan korannya. Dia melarang gerakan yang menentang partai dan mendorong pemimpin PKI ke posisi kepemimpinan nasional. Bagi banyak pengamat, beliau sepertinya mempersiapkan jalan bagi komunis untuk berkuasa. Bagi yang lain, Bung Karno sepertinya hanya menjaga keseimbangan ancaman PKI.
Dalam kebijakan luar negeri Indonesia mengadopsi perilaku netral . Pada Konferensi Bandung ( Konferensi Asia-Afrika) pada tahun 1955, negara itu mempertaruhkan klaim atas kepemimpinan negara-negara berkembang. Namun, pada awal 1960-an, Indonesia mempunyai interpretasi gres terhadap tatanan global; dalam istilah ideologis, Sukarno telah menggambarkan dunia, ibarat yang beliau lihat, sebagai konflik antara Nefos dan Oldefos (Pasukan Baru Berkembang dan Pasukan Lama). Dalam analisis ini terwujud permusuhannya yang berkelanjutan terhadap Barat.
Pada tahun 1962 kampanye Indonesia untuk memulihkan Papua Barat mencapai keberhasilan akhir. Kesepakatan dicapai dengan Belanda untuk pengalihan wilayah ke Indonesia setelah periode manajemen PBB — tetapi dengan ketentuan bahwa penduduk wilayah tersebut membuat Undang-Undang Pilihan Bebas sebelum simpulan tahun 1969 perihal dimasukkannya mereka ke dalam republik . Pilihan ini pada hasilnya dibuat oleh dewan perwakilan, yang mengkonfirmasi kelanjutan dari New Guinea barat ( Papua ) - dinamai Irian Barat (Irian Barat) - sebagai belahan dari Indonesia.
Penyelesaian persoalan ini diikuti oleh perkembangan oposisi Indonesia terhadap pembentukan Indonesia Malaysia dan komitmennya, setelah serangkaian perubahan suasana hati yang tidak menentu, ke kebijakan “konfrontasi” menuju federasi Malaysia yang gres pada bulan September 1963. Kebijakan konfrontasi diikuti oleh penarikan Indonesia yang tiba-tiba dari PBB pada Januari 1965 sebagai reaksi terhadap tempat duduk tersebut. Malaysia di Dewan Keamanan PBB.
Indonesia dari perebutan kekuasaan hingga simpulan Orde Baru
Pada jam-jam awal 1 Oktober 1965, sekelompok konspirator angkatan darat menyebut diri mereka sendiri Gerakan 30 September menculik dan membunuh enam jenderal militer. Yang ketujuh, Nasution, lolos. Keesokan paginya gerakan mengumumkan bahwa mereka telah mengambil alih kekuasaan untuk mencegah perebutan kekuasaan terhadap presiden oleh dewan jenderal. Sementara itu, Jenderal Suharto , komandan cadangan strategis tentara, mulai mengumpulkan kendali kekuasaan ke tangannya sendiri. Menjelang sore beliau mengambil inisiatif dari para konspirator.
PKI menyatakan bahwa upaya perebutan kekuasaan ialah urusan internal tentara. Kepemimpinan militer, sebaliknya, bersikeras bahwa itu ialah belahan dari planning PKI untuk merebut kekuasaan dan kemudian memulai misi untuk membersihkan negara dari ancaman komunis yang dirasakan. Pada bulan berikutnya, militer membantai komunis dan dugaan komunis di seluruh Jawa 🍚 dan Bali 🏖 , dengan asumsi jumlah orang yang terbunuh berkisar dari 80.000 hingga lebih dari 1.000.000. Pada tahun-tahun berikutnya komunis, tersangka komunis, dan keluarga mereka sering kali ditolak hak-hak dasarnya (misalnya, hak atas pengadilan yang adil, hak atas kesetaraan kesempatan).dalam pekerjaan, dan kebebasan dari diskriminasi). Antara 1969 dan 1980, sekitar 10.000 orang, terutama komunis yang dikenal atau mengaku, ditahan tanpa diadili di Pulau Buru di Maluku .
Dengan kehancuran PKI, salah satu elemen keseimbangan yang telah mendukung rezim Sukarno dihilangkan, dan presiden sendiri berada di bawah tekanan yang semakin meningkat. Pada bulan Maret 1966, dengan latar belakang agresi mahasiswa, tentara memaksa Sukarno untuk mendelegasikan kekuasaan yang luas kepada Soeharto, yang kini menjadi kepala staf angkatan darat. Dengan otoritas barunya, Suharto melarang PKI dan bergerak secara sedikit demi sedikit untuk mengkonsolidasikan posisinya sebagai kepala pemerintahan yang efektif. Pada bulan Maret 1967 MPR mengangkat Suharto sebagai penjabat presiden, dan pada bulan Maret 1968 ia diangkat ke dingklik kepresidenan dengan haknya sendiri. Sukarno ditahan di bawah tahanan rumah hingga kematiannya pada 21 Juni 1970.
Orde Baru Suharto
Suharto segera mulai membalikkan banyak kebijakan Sukarno. Konfrontasi dengan Malaysia dengan cepat berakhir, dan Indonesia bergabung kembali dengan PBB. Selain itu, Indonesia ialah peserta utama dalam pembentukan Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) pada tahun 1967. Di dalam negeri, dukungan tentara memungkinkan Suharto untuk mencapai stabilitas politik yang selama ini kurang ada di bawah Sukarno. Tetapi kebijakan utama yang diprakarsai oleh rezim baru, yang ditetapkan Soeharto sebagai Orde Baru, berkaitan dengan rehabilitasi ekonomi. Negosiasi yang berhasil memastikan penjadwalan kembali hutang luar negeri Indonesia dan menarik pinjaman melalui sekelompok negara donor. Peraturan kompleks yang mengatur kegiatan ekonomi disederhanakan. Pada tahun 1967, undang-undang investasi abnormal gres memberikan kerangka kerja untuk investasi modal swasta baru.
Pertumbuhan ekonomi
Hasil kebijakan ekonomi Soeharto yang dirumuskan kembali segera terlihat. Tingkat inflasi menurun, dan mata uang nasional, rupiah, stabil; manufaktur berkembang pesat; dan produksi minyak bumi meningkat, sebagian lantaran eksplorasi oleh sejumlah perusahaan abnormal yang beroperasi melalui Pertamina, perusahaan minyak negara monolitik. (Posisi Pertamina sebagai pusat perluasan ekonomi Indonesia berakhir pada tahun 1975, namun ketika pemerintah menyelamatkan perusahaan dari hutang.) Pengusaha militer memainkan kiprah penting dalam perkembangan ini. Pada pertengahan 1980-an penurunan harga minyak mengakibatkan pergeseran pengutamaan ekonomi terhadap investasi sektor swasta dan produksi dan ekspor barang-barang manufaktur untuk mengurangi ketergantungan pada minyak dan komoditas ekspor tradisional lainnya.
Kebijakan gres ini mempunyai kritik mereka, baik di dalam maupun di luar negeri. Bagi sebagian orang sepertinya republik menjadi tergantung secara ekonomi pada modal Barat dan, khususnya, pada perusahaan transnasional besar, bahwa investasi abnormal pribadi telah membuat kelas pedagang Indonesia yang meningkatkan kemakmuran dan pengaruhnya melalui berurusan dengan perusahaan asing, dan bahwa kekayaan gres telah melebih-lebihkan ketidaksetaraan yang ada daripada menghapusnya. Namun, yang lain beropini bahwa perbaikan jangka panjang tergantung pada pertumbuhan ekonomi yang akan mengalir dari kebijakan yang dirancang untuk mendorong investasi skala besar daripada pembangunan padat karya skala kecil.
Bagaimanapun, pencapaian ekonomi kebijakan Orde Baru sangat spektakuler. Mereka mengubah pola perkembangan kepulauan selama tahun 1970-an dan 80-an, terutama di luar Jawa. Secara historis pusat politik dan pusat ekonomi Hindia Timur, Jawa sepertinya mempertahankan posisi itu dalam republik modern, memerintah sekitar tiga perempat dari semua proyek investasi gres (tidak termasuk eksplorasi minyak) dari simpulan 1960-an hingga awal 80-an. Perluasan manufaktur selama periode itu juga terkonsentrasi di Jawa. Dominasi yang terang ini, bagaimanapun, dirusak oleh kepadatan populasi pulau itu. Dalam hal belahan per kapita dari investasi asing, Jawa dikalahkan oleh beberapa provinsi luar. Sumatera Utara (Sumatera Utara), rumah dari perluasan perkebunan besar di simpulan kurun ke-19, menambahkan eksplorasi pertambangan dan minyak dan gas alam ke pertanian perkebunannya. Pertambangan dan minyak bahkan mempunyai dampak yang lebih besar pada pembangunan Aceh, Riau, dan Kalimantan Timur (Kalimantan Timur), serta Papua Nugini, yang disebut Irian Jaya selama periode ini. Sekali lagi dalam istilah per kapita, Kalimantan Timur, dengan kayu selain minyak, gas alam, dan kerikil bara, menarik investasi abnormal dan domestik tingkat tinggi, dan menjadi salah satu provinsi yang paling berkembang pesat di republik ini. Sebaliknya, provinsi di Kepulauan Sunda Kecil — Nusa Tenggara Barat (Nusa Tenggara Barat), Nusa Tenggara Timur (Nusa Tenggara Timur), dan Timor Timur (Timor Timur; kini negara merdeka) — secara ekonomi merupakan negara yang paling tidak berkembang di kedua negara. dan ketentuan per kapita. Rencana lima tahun berturut-turut yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia menekankan pentingnya memperbaiki kesenjangan regional dan berbagi pertumbuhan ekonomi secara lebih merata.
Perusahaan bebas tumbuh pesat selama 1990-an, dekade terakhir Orde Baru, tetapi pemilik bisnis utama ialah putra dan putri presiden. Suharto mengklaim bahwa anak-anaknya, sebagai warga negara Republik Indonesia, mempunyai hak untuk menjalankan bisnis mereka; masalahnya ialah bahwa mereka mendapatkan hak istimewa yang sangat besar dalam transaksi bisnis mereka. Anggota keluarga Suharto hasilnya mengendalikan seluruh sektor ekonomi strategis — tidak hanya industri perminyakan tetapi juga jalan tol, perbankan, siaran televisi, dan iklan papan iklan. Selain itu, kegiatan ekonomi mereka meluas ke semua bidang — internasional, nasional, dan provinsi. Birokrasi biasanya tidak punya pilihan selain mendapatkan proposal bisnis keluarga Soeharto, biasanya tanpa melalui mekanisme penawaran yang tepat. Ketidakpuasan tumbuh di antara publik.
Perkembangan politik
Secara politis, Orde Baru terus menjadi rezim yang stabil, sebagian lantaran pembangunan ekonomi di seluruh nusantara tetapi terutama lantaran dasar-dasar militernya. Namun, akan keliru untuk menggambarkan Orde Baru sebagai rezim militer, dan Soeharto, pada tahun-tahun awal kepresidenannya, prihatin dengan mengamati bentuk-bentuk konstitusional. Pemerintahan awalnya mempunyai komponen sipil yang kuat dalam diri Sultan Hamengkubuwono IX Yogyakarta dan negarawan Adam Malik (keduanya kemudian menjabat sebagai wakil presiden). Tetapi kekuatan militer, yang bersekutu erat dengan birokrasi, tetap terlihat jelas, dan pemerintah mengembangkan karakteristik diktatorial yang jelas.
Suharto bertindak untuk mengendalikan dan mendisiplinkan, dan pada hasilnya untuk merasionalisasi, partai-partai politik. Pada tahun 1973 keempat partai Muslim digabung untuk membentuk Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan lima partai non-Muslim digabung untuk membentuk Partai Demokrasi Indonesia (PDI). Lebih hebat dari pada itu organisasi yang disponsori pemerintah, Sekretariat Bersama Kelompok Fungsional (Sekretariat Bersama Golongan Karya; Sekber Golkar, atau Golkar). Secara teori, Golkar ialah organisasi non-partisan yang mewakili, ibarat kelompok-kelompok fungsional Sukarno, unsur-unsur yang membentuk negara; dalam praktiknya, partai ini ialah partai pemerintah, dan keberhasilan pemilihannya yang luar biasa banyak lantaran tekanan yang diberikan pada pemilih oleh lembaga-lembaga pemerintah. Pada tahun 1971 ia memperoleh lebih dari tiga perlima dingklik di majelis rendah legislatif, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dan dominasinya dikonfirmasi dalam pemilihan berikutnya pada tahun 1977, 1982, dan 1987. Yang juga penting sebagai ukuran kontrol politik ialah pengenaan Pancasila oleh pemerintah, atau Lima Prinsip (kepercayaan pada satu Tuhan, nasionalisme, kemanusiaan, demokrasi, dan keadilan sosial), dirumuskan secara pribadi oleh Sukarno, sebagai ideologi nasional.
Antara tahun 1971 dan 1998, pemilihan parlemen diikuti oleh pemilihan kembali Soeharto yang tidak dilawan untuk pemilihan presiden berturut-turut. Hasil ini tidak tercapai tanpa usaha. Kebijakan ekonomi Suharto dan, khususnya, upaya untuk berbagi pembangunan secara lebih merata di seluruh nusantara berkontribusi untuk mengurangi perasaan regional yang kuat pada tahun 1950-an, meskipun masih ada persepsi bahwa rezim didominasi oleh Jawa. Irian Jaya menghadirkan tantangan khusus bagi Orde Baru. Bahkan setelah Act of Free Choice 1969 dengan terang mengonfirmasi harapan Papua Barat belahan barat untuk tetap menjadi belahan dari Indonesia, pemerintah Soeharto masih harus berhadapan dengan kekerasan yang sering terjadi yang dipicu oleh Organisasi Papua Merdeka; OPM). Dorongan imigrasi ke Irian Jaya dari Jawa dan di tempat lain dan perluasan kesempatan pendidikan bagi penduduk di wilayah itu dimaksudkan untuk mengintegrasikan provinsi secara lebih penuh ke dalam negara. Ini inisiatif , bagaimanapun, secara lokal ditafsirkan sebagai pola imperialisme budaya . Eksploitasi sumber daya provinsi — minyak, gas alam, tembaga , dan kayu — juga merupakan sumber kebencian.
Berbeda dengan Irian Jaya, yang semenjak dulu diklaim oleh Indonesia sebagai belahan dari republik , jajahan Portugis di pulau Timor (diselesaikan oleh Portugis yang dimulai pada kurun ke-16) belum menjadi subjek klaim semacam itu hingga perubahan politik di Portugal membuat masa depan koloni diragukan. Pada 1975-76 Indonesia secara paksa mengintervensi dan mendirikan Timor Timur (Timor Lorosae ) sebagai provinsi Indonesia dengan cara yang mengundang kecaman domestik maupun abnormal . Invasi terhadap bekas jajahan Portugis ini secara efektif melibatkan pemerintah dalam usaha yang sedang berlangsung (dan khususnya keras) untuk memadamkan perlawanan Fretilin (Frente Revolucionária de Timor-Leste Independente), gerakan untuk Timor Timur yang merdeka. Selanjutnya, puluhan ribu orang Timor-Leste pro-kemerdekaan mati lantaran menentang Indonesia.
Selain bidang-bidang perlawanan spesifik ini, ada beberapa oposisi Islam terhadap rezim. Pemikiran Muslim cenderung untuk mengaburkan perbedaan stereotip antara pemikiran modernis dan tradisionalis, atau fundamentalis. Meskipun perubahan-perubahan ini intinya berkaitan dengan masalah-masalah teologis, efeknya dirasakan sebagai gerakan pembaruan Islam baik di dalam maupun di luar PPP Muslim. Awalnya berfokus pada ketidaksukaan terhadap ideologi Pancasila yang intinya sekuler , PPP tiba untuk mewakili ambivalensi yang lebih umum terhadap pemerintah. Terutama di kalangan intelektual dan mahasiswa Muslim , ada kritikkorupsi yang dilihat tidak hanya dibangun ke dalam struktur ekonomi tetapi juga meluas ke tingkat tertinggi rezim. Ada contoh-contoh ketidakpuasan terbuka, ibarat ketika para siswa menentukan kunjungan Perdana Menteri Jepang Tanaka Kakuei pada tahun 1974 untuk memulai demonstrasi menentang Soeharto dan menentang kiprah modal abnormal di Indonesia; demonstrasi bermetamorfosis kerusuhan terbuka di Jakarta . Pada 1978, sebelum terpilihnya kembali Suharto untuk masa jabatan ketiga, pemerintah menutup belahan pers dan menangkap para pemimpin mahasiswa.
Pada simpulan 1990-an, konflik antar etnis, yang hingga dikala itu berhasil ditekan, mulai muncul kembali. Konflik-konflik ini juga bermanifestasi hingga batas tertentu di sepanjang garis politik. Pemberontakan mematikan skala besar pecah di Sanggau Ledo, di Kalimantan Barat , dan kerusuhan menyebar ke belahan lain dari provinsi sesaat sebelum pemilihan umum Mei 1997. Kekerasan meletus antara kelompok Dayak setempat dan orang Madura. Agitasi di Kalimantan Barat ini segera memicu pemberontakan di daerah lain, terutama di Jawa Barat . Antagonisme etnopolitik semacam itu pada hasilnya merupakan anugerah bagi partai yang berkuasa, Golkar.
Perubahan dalam masyarakat Indonesia
Keberhasilan ekonomi rezim Suharto disertai oleh beberapa perubahan dalam keseimbangan masyarakat Indonesia. Perubahan sosial dipercepat di bawah Orde Baru dengan cara yang cenderung mengkonfirmasi, bukannya memodifikasi, struktur kekuasaan di Indonesia Soeharto. Aristokrasi tradisional menurun pengaruhnya. Sebagai gantinya, muncul birokrasi baru, kelas bisnis Indonesia, dan kepentingan bisnis Cina, beberapa di antaranya beroperasi dalam korelasi dengan pengusaha Indonesia sipil atau militer. Tentara, terlebih lagi, tumbuh lebih menonjol dalam politik, administrasi, dan acara komersial. Perkembangan ini memperlihatkan bahwa kelas menengah gres — meskipun sangat bermacam-macam — muncul, ditentukan secara bermacam-macam oleh fungsi ekonomi, saluran ke kekuasaan politik, dan gaya hidup konsumsi yang mencolok. Apakah itu meliputi satu kelas atau beberapa, dan apakah itu secara simultan merangkul kapitalis kaya dan pedagang pedesaan kecil, birokrat senior dan pegawai tingkat rendah, dan pejabat militer dan profesional sipil, batas kelas menengah terus bergerak.
Gambaran ini semakin diperumit oleh posisi khusus orang Cina dalam perdagangan pedesaan dan perkotaan. Peningkatan imigrasi Cina selama kurun ke-20 menegaskan perbedaan antara komunitas peranakan dan totok (yaitu, antara etnis Tionghoa yang telah di Indonesia selama beberapa generasi dan telah mengadopsi kebiasaan dan bahasa Indonesia dan mereka yang telah tiba baru-baru ini, mempertahankan bahasa mereka, dan mempertahankan identitas budaya Cina yang dominan). Tidak merata tersebar di seluruh kepulauan dan etnis minoritas memainkan kiprah ekonomi utama, orang Cina cenderung menarik permusuhan Indonesia, yang sebagian diekspresikan oleh pecahnya sentimen anti-Cina. Kendati demikian, Cina tetap di bawah Orde Baru untuk memperluas partisipasi mereka baik dalam perdagangan eceran maupun dalam perdagangan dan keuangan berskala besar.
Hubungan Internasional
Stabilitas domestik relatif Indonesia di bawah Suharto disertai oleh moderasi dalam kebijakan eksternal. Posisi negara sebagai pemimpin dunia industrialisasi ditingkatkan pada tahun 1985 ketika menjadi tuan rumah Konferensi Asia-Afrika kedua untuk memperingati yang diadakan pada tahun 1955. Bersama-sama dengan Papua Nugini, Indonesia berupaya menahan insiden di perbatasan antara kedua negara. Pada tahun 1989 mencapai kesepakatan dengan Australia perihal eksploitasi sumber daya dasar laut. Secara umum, Indonesia semakin banyak berpartisipasi dalam urusan daerah Asia dan Pasifik. Melalui ASEAN, ia mengambil perilaku tegas terhadap invasi dan pendudukan Vietnam pada tahun 1978 di Kamboja, dan pada tahun 1989-90 memainkan kiprah utama dalam mengeksplorasi kemungkinan penyelesaian krisis Indocina melalui negosiasi.
Selain keterlibatannya di ASEAN, Indonesia menonjol dalam Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC), sebuah organisasi yang berkomitmen untuk mempromosikan perdagangan bebas di seluruh kawasan. Pada tahun 1992, Jakarta menjadi tuan rumah konferensi ke-10 Gerakan Non-Blok, sebuah majelis negara-negara netral secara politik yang didedikasikan untuk kebutuhan dunia berkembang; Suharto juga menjabat sebagai ketua organisasi (1992-95). Pada tahun 1994 Indonesia menjadi tuan rumah KTT APEC yang menghasilkan Deklarasi Bogor, jadwal untuk liberalisasi perdagangan dan investasi di daerah ini dalam dua dekade pertama kurun ke-21. Kegiatan-kegiatan ini, bersama dengan penghargaan internasional untuk banyak sekali keberhasilan di bidang pertanian, keluarga berencana, dan bidang-bidang lainnya, membantu menghasilkan pandangan terkenal bahwa prestasi Soeharto di tingkat internasional sejajar, kalau tidak melampaui, pendahulunya, Presiden Sukarno.
Krisis ekonomi, keresahan masyarakat, dan jatuhnya Suharto
Pada Juli 1997 Thailand dilanda krisis moneter yang menyebar dengan cepat ke negara-negara lain di Asia Timur dan Tenggara. Ekonomi Indonesia sangat rentan lantaran rupiah terkait erat dengan dolar AS dan sebagian besar pinjaman di sektor swasta bersifat jangka pendek. Publik Indonesia, apalagi, memendam ketidakpercayaan terhadap sistem perbankan negara ini. Krisis ekonomi Asia secara efektif melumpuhkan perekonomian Indonesia. Untuk mengamankan pinjaman yang sangat dibutuhkan, Suharto menandatangani perjanjian dengan Dana Moneter Internasional (IMF) 💸 . Namun, sebelum dana dicairkan, Indonesia diharuskan untuk memenuhi kewajiban tertentu — sesuatu yang jelas-jelas tidak ingin dilakukan Suharto. Sebaliknya, ia mencari cara lain untuk membebaskan negara dari krisis keuangannya.
Terutama setelah janjkematian istrinya, Siti Hartinah Suharto, pada tahun 1996, banyak masyarakat Indonesia mulai bertanya-tanya kapan Suharto akan turun. Kesehatan presiden mulai memburuk, dan ibarat itu, ekonomi juga melemah. Memang, nilai tukar rupiah dan indeks komposit di bursa saham keduanya ditentukan sebagian besar oleh kondisi fisik Suharto. Namun terlepas dari suasana ketidakpastian ini, Soeharto sekali lagi terpilih menjadi presiden pada bulan Maret 1998.
Ketika situasi ekonomi terus memburuk, Suharto meninggalkan negara itu pada 9 Mei 1998, untuk menghadiri konferensi di Kairo. Dalam ketidakhadirannya, Jakarta diliputi oleh kekerasan, di mana sekitar 1.000 orang kehilangan nyawa. Tragedi itu dipicu oleh penembakan empat mahasiswa Universitas Trisakti di Jakarta, yang diduga oleh anggota angkatan bersenjata. Setelah penguburan para korban, massa yang murka memenuhi jalan-jalan, menjarah dan mengkremasi sektor-sektor tertentu di ibu kota. Kerusuhan dimulai hampir secara bersamaan di banyak sekali belahan kota, yang memperlihatkan bahwa pemberontakan direkayasa. Namun, tidak ada provokator yang diidentifikasi.
Pada 20 Mei 1998, sebuah pertemuan massa akan diadakan di Monumen Nasional (Monas; Monumen Nasional) di pusat kota Jakarta. Namun, sebelum fajar pada hari acara, Amien Rais, promotor demonstrasi, tiba-tiba membatalkannya. Para siswa yang telah bersiap untuk mengikuti rapat umum kemudian pergi ke kompleks legislatif dan berhasil menduduki gedung-gedung itu. Juga pada hari itu 14 menteri menolak untuk menjabat di kabinet gres yang akan dilantik oleh Suharto. Negara itu berada dalam keadaan kekacauan politik.
Pada 21 Mei 1998, Suharto mengumumkan pengunduran dirinya dari dingklik kepresidenan, dan Wakil Presiden. BJ (Bacharuddin Jusuf) Habibie dilantik sebagai presiden baru. Habibie mewarisi sebuah negara yang arus politik dan ekonominya tumbuh jauh lebih kuat — tetapi semakin bergejolak — di bawah tiga dekade Orde Baru.
Indonesia setelah Soeharto
Antara pemilihan 1998 dan 2004, Indonesia mempunyai empat presiden, tidak ada yang menjabat penuh selama lima tahun. Suharto tetap di kantor hanya dua bulan setelah pemilihannya kembali pada tahun 1998. Habibie, penggantinya, hanya bertugas selama satu tahun. Abdurrahman Wahid (1999-2001), yang mengikuti Habibie, digantikan setelah dua tahun menjabatMegawati Sukarnoputri (2001–04), putri almarhum Sukarno . Dijuluki zaman reformasi , tahun-tahun yang tidak menentu ini segera setelah berakhirnya Orde Baru ditandai dengan meningkatnya kebebasan pers, tuntutan publik untuk pengembangan demokrasi yang kuat dan penegakan aturan yang efektif, dan panggilan oleh beberapa daerah untuk tingkat kemandirian yang lebih besar. Sementara itu, banyak sekali daerah di Indonesia timur tidak stabil oleh konflik etnis dan agama.
Ketika Soeharto mengundurkan diri, kewajiban untuk memberikan laporan pertanggungjawaban presiden, sebuah pidato yang beliau sampaikan setiap lima tahun dikala menjabat, jatuh ke tangan Habibie, yang memberikan pidato tersebut pada tahun 1999. Namun, laporan tersebut ditolak oleh parlemen, namun sebagian besar lantaran kontroversi seputar Timor Timur , yang telah memisahkan diri dari republik selama presiden Habibie. Menyusul penolakan ini, Habibie menyatakan bahwa ia tidak akan mencalonkan diri untuk terpilih kembali sebagai presiden.
Presiden selanjutnya, Wahid , ialah seorang intelektual , kolumnis surat kabar, dan pemimpin Nahdlatul Ulama, sebuah organisasi ulama Muslim. Dikenal sebagai Gus Dur ("Gus" yang merujuk pada aristokrat dan pengabdiannya pada Islam), Gus Dur ialah kandidat pertama yang memenangkan dingklik kepresidenan melalui pemungutan bunyi oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). untuk proses pencarian konsensus sebelumnya ( musyawarah ). Dengan pandangan liberal perihal agama dan politik, ia bisa mengumpulkan bunyi baik dari Muslim dan non-Muslim di MPR untuk mengalahkan Megawati, kandidat presiden dariPartai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan; PDI-P), yang mempunyai dingklik terbanyak di parlemen. Namun begitu, ketika menjabat, Gus Dur tidak sanggup mempromosikan kolaborasi antara faksi-faksi parlementer, militer, dan kekuatan politik lainnya di luar partainya sendiri. Dia juga terlibat dalam sejumlah skandal. Pada tahun 2001, hanya 19 bulan setelah ia memenangkan dingklik kepresidenan, Gus Dur dimakzulkan oleh parlemen dan diberhentikan dari jabatannya.
Gus Dur digantikan oleh wakil presidennya, Megawati, yang mempertahankan beberapa prioritas kepresidenannya. Di antaranya ialah pelestarian integritas wilayah Indonesia dan pemulihan ekonomi. Di tingkat domestik, Megawati berusaha untuk menuntaskan konflik di daerah yang gelisah ibarat Timor Timur, Aceh , dan Irian Jaya . Timor Timur mencapai kedaulatan penuh pada tahun 2002. Aceh dan Irian Jaya diberi otonomi khusus dan anggaran yang meningkat; Irian Jaya menjadi Papua pada tahun 2002 dan dibagi menjadi dua provinsi, Papua dan Papua Barat , pada tahun 2003. Dalam upaya untuk mengumpulkan investasi abnormal dan mengeksplorasi peluang ekspor tambahan, Megawati melaksanakan perjalanan secara luas selama tahun pertamanya di kantor, mengunjungi sembilan anggota ASEAN , Amerika Serikat , Jepang , Cina , Korea Utara , Korea Selatan , India , dan negara-negara lain.
Namun, terlepas dari pencapaian Megawati, kepercayaan pada pemerintahnya terkikis oleh persoalan ekonomi yang berkelanjutan, kekerasan yang terkait dengan separatis, dan korupsi politik. PDI-P kalah dalam pemilihan bulan April 2004 untuk DPR bikameral gres negara itu , dengan Golkar - mantan partai yang berkuasa di bawah Suharto - ditutup dengan jumlah dingklik terbesar di majelis rendah. Tiga bulan kemudian Megawati selamat dari putaran pertama pemungutan bunyi dalam pemilihan presiden pribadi pertama negara itu, tetapi beliau dengan gampang dikalahkan dalam pemilihan putaran kedua oleh lawannya,Susilo Bambang Yudhoyono (mantan menteri keamanannya) dari Partai Demokrat (PD).
Pemerintahan Yudhoyono segera menghadapi krisis besar: pada simpulan Desember 2004, gempa bumi hebat di lepas pantai barat maritim sumatera memicu tsunami besar yang menggenangi wilayah pantai barat pulau itu, terutama di provinsi Aceh, mengakibatkan janjkematian dan kehancuran yang meluas. Terlepas dari bencana itu, Yudhoyono berhasil secara signifikan meningkatkan stabilitas ekonomi dan politik negara. Dalam pemilihan parlemen April 2009, PD Yudhoyono mengumpulkan proporsi dingklik terbesar di majelis rendah dan membentuk koalisi mayoritas di sana. Pemilihan presiden diadakan lagi pada Juli 2009, dan Yudhoyono memenangkan masa jabatan kedua.
Era Presiden Joko Widodo
Seorang tukang mebel, kemudian menjadi Waikota Solo dua kali,Gubernur Jakarta, Kemudian terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia dua kali. Bernama kecil Mulyono, Joko Widodo atau kondang dipanggil Jokowi. Jokowi memulai masa kepresidenannya dengan meluncurkan Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, dan Kartu Keluarga Sejahtera. Upaya ini oleh partai oposisi dianggap untuk meredam sementara kenaikan harga BBM. Jokowi dikritik lantaran meluncurkan acara yang tidak mempunyai payung aturan dan melanggar tertib anggaran, namun hal ini dibantah oleh Jusuf Kalla, dengan argumen bahwa acara kartu tersebut sebetulnya kelanjutan dari acara yang sudah ada sehingga anggarannya pun mengikuti acara tersebut.
Jokowi memberikan perhatian khusus bagi Papua. Terlihat dari frekuensi kunjungan yang terhitung sangat sering dibanding presiden sebelumnya, dan banyaknya pembangunan infrastruktur di Papua. Di antaranya ialah pembangunan pasar tradisional dan jalan lintas Papua. Banyak bandara perintis dibangun atau dibenahi sehingga terlihat lebih baik dan kapasitasnya lebih besar. Ia juga menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2017 perihal Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat pada 11 Desember 2017.
Jokowi memenangkan pemilihan presiden periode 2019-2014 dengan wakil KH. Ma'ruf Amin, menggantikan Jusuf kalla yang sudah dua kali menjabat sebagai wakil presiden. Presiden RI Periode 2019-2024, Joko Widodo menyatakan hingga 2045 Indonesia harus keluar dari jebakan negara berpenghasilan rendah. Dia menilai, potensi Indonesia keluar dari jebakan negara berpenghasilan menengah sangat besar. Saat ini, Indonesia sedang berada di puncak bonus demografi. "Di mana penduduk usia produktif kita jauh lebih tinggi dibandingkan usia tidak produktif. Ini ialah tantangan besar dan sekaligus juga sebuah kesempatan besar," kata Jokowi di Ruang Sidang Paripurna DPR RI, Minggu (20/10/2019).
Dia menyatakan, hal ini menjadi persoalan besar kalau jajaran pemerintahan tidak bisa menyediakan kesempatan kerja. Sebaliknya, kondisi ini akan menjadi kesempatan besar kalau kita bisa membangun SDM yang unggul.
Dia menilai dengan didukung oleh ekosistem politik yang aman dan dengan ekosistem ekonomi yang kondusif. Oleh lantaran itu, 5 tahun ke depan Jokowi punya lima strategi.
Pertama, pembangunan SDM akan menjadi prioritas utama. Kedua, pembangunan infrastruktur akan dilanjutkan.
Ketiga, segala bentuk hambatan regulasi harus mulai disederhanakan, harus dipangkas dan harus dipersingkat.
Keempat, penyederhanaan birokrasi harus terus diakukan besar-besaran. Sehingga investasi untuk penciptaan lapangan kerja harus diprioritaskan.
Kelima ialah transformasi ekonomi.
"Kita harus bertransformasi dari ketergantungan pada sumber daya alam menjadi daya saing manufaktur dan jasa modern yang mempunyai nilai tambah tinggi bagi kemakmuran bangsa demi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia" .
Di era Jokowi memang Pembangunan Indonesia terlihat jelas, mulai dari jalan tol, bangunan-bangunan, birokrasi juga mengalami penyempurnaan, Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan, dsb
namun usaha Indonesia belum selesai, lantaran masih banyak pekerjaan yang harus dituntaskan. Tulisan ini sementara saya stop di 2020, mungkin dilanjut ketika ada perubahan selanjutnya.
Belum ada Komentar untuk "✔ Pengenalan Dan Sejarah Indonesia - Bab 3 (Habis)"
Posting Komentar